Beranda Hukum Kriminal Bobol Gerai HP, Remaja Ini Curi Kartu Perdana dan Uang

Bobol Gerai HP, Remaja Ini Curi Kartu Perdana dan Uang

327
BERBAGI
Kapolsekta Sukarame, Kompol M Riza

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Petugas Unit Polsekta Sukarame meringkus Erick Faldo (20) tersangka pencurian modus bobol Gerai Handphone. Polisi menangkap tersangka, tidak jauh dari rumahnya saat sedang nongkrong bersama teman-temannya di Jalan Pulau Karimun Jawa, Kelurahan Sukarame, Bandarlampung, Minggu (5/3/2017) lalu.

Kapolsekta Sukarame, Kompol M Riza mengatakan, petugas menangkap tersangka Erick, berdasarkan atas laporan Oki Erlangga (21) yang menjadi korban pencurian di Gerai ponsel miliknya di Jalan Pulau Legundi, Sukarame 22 Februari 2017 lalu.

“Tersangka Erick, ditangkap tidak jauh dari rumahnya saat nongkrong bersama teman-temannya,”kata Riza, Rabu (8/3/2017)

Selanjutnya, petugas melakukan penggeledahan di rumah tersangka, dan menyita barang bukti hasil curian berupa tiga unit ponsel dan 27 kartu perdana.

“Erick membobol Gerai ponsel milik Oki, dari dalam Gerai tersebut, Erick mencuri tiga unit ponsel, 32 kartu perdana dan uang tunai Rp 142 ribu,”ujarnya.

Riza mengutarakan, modus pencurian Erick, sebelum beraksi tersangka mendatangi Gerai ponsel korban. Korban tidak curiga, karena Erick sering datang dan nongkrong di Gerai tersebut. Tapi kedatangan Erick, hanyalah pura-pura nongkrong di Gerai ponsel korban.

Pada saat itu, kata Riza, korban Oki menaruh sepeda motornya di depan Gerainya dan kunci sepeda motornya masih tergantung di motor. Kunci cadangan Gerai ponsel tersebut, dijadikan satu bersama kunci sepeda motor korban.

“Mengetahui kunci Gerai ponsel itu digantungkan bersama kunci motor, tersangka mengambil salah satu kunci Gerai (kios) dari motor korban,”ungkapnya.

Pada malam hari, setelah korban menutup Gerai ponsel miliknya dan pulang ke rumahnya, tersangka Erick yang sudah menunggu langsung beraksi. Tersangka masuk ke Gerai ponsel korban dengan mudah, karena pakai kunci cadangan yang sudah dicuri tersangka sebelumnya dari motor korban.

“Dari dalam Gerai tersebut, tersangka Erick berhasil menggasak tiga unit ponsel, 32 kartu perdana dan uang tunai Rp 142 ribu,”terangnya.

Korban baru mengetahui Gerai ponsel miliknya telah dibobol pencuri, pada pagi harinya saat akan membuka Gerai tersebut. Kemudian korban melaporkan kejadian pencurian tersebut, ke Mapolsekta Sukarame. Berdasarkan laporan korban petugas melakukan penyelidikan.

“Hasil penyelidikan, pencurian di Gerai ponsel tersebut mengarah ke Erick. Petugas menangkap Erick tidak jauh dari rumahnya dan menemukan barang bukti curian,”jelasnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan, tersangka Erick mengaku melakukan pencurian tersebut sendiri dan baru satu kali terlibat pencurian. Dari 32 lembar kartu perdana yang dicurinya, Lima lembar kartu perdana sudah dipakai sendiri dengan tersangka. Sementara uang tunai Rp 142 ribu, sudah dihabiskan tersangka membeli rokok.

“Kuota yang ada lima kartu perdana itu, dipakai sendiri di ponsel Erick dan untuk media sosial. Barang bukti lainnya yang disita, belum sempat dijual tersangka,”pungkasnya.