Beranda Hukum Kriminal Bobol Rumah di Kompleks Dinas PU, Aril Dihadiahi Timah Panas

Bobol Rumah di Kompleks Dinas PU, Aril Dihadiahi Timah Panas

226
BERBAGI
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM — Tim khusus anti bandit (Tekab) 308 Polsekta Telukbetung Selatan, meringkus Aril Erfabian (24), tersangka spesialis pencurian modus bobol rumah, pada Kamis (30/3/2017) pagi lalu. Polisi menangkap warga Kampung Rawa Laut, Kelurahan Panjang Selatan tersebut, usai membobol rumah di Kompleks Perumahan Dinas Pengairan Umum (PU) di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bumi Raya, Bumi Waras.

Kapolsekta Telukbetung Selatan, Kompol Listiyono Dwi Nugroho mengatakan, petugas menangkap tersangka Aril usai melakukan aksi pencurian di perumahan Dinas Pengairan Umum (PU) di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bumi Raya, Bumi Waras, Kamis (30/3/2017) lalu sekitar pukul 04.30 WIB.

“Saat ditangkap, petugas melepaskan tembakan peringatan tapi tersangka Aril tetap melarikan diri. Saat itu juga, petugas melumpuhkan Aril dengan timah panas di paha kirinya,”ujarnya, Minggu (2/4/2017).

Dari penangkapan tersangka Aril, petugas menyita barang bukti berupa satu buah obeng, satu buah pahat besi, dua buah tas selempang warna hitam, dua buah ponsel dan celana dasar warna hitam.

Dikatakannya, saat melakukan aksi pencurian, tersangka Aril berkasi bersama dua rekannya berinisial TN dan HN. Namun kedua tersangka, berhasil melarikan diri saat akan dilakukan penangkapan. Tersangka TN dan HN, masih dalam pengejaran petugas.

Mantan Kapolsek Natar, Lampung Selatan ini mengutarakan, ketiga tersangka datang ke Perumahan Dinas PU sekitar pukul 04.30 WIB. Para tersangka masuk ke dalam rumah tersebut, dengan cara memanjat tembok pagar rumah dan mendongkel jendela dengan obeng dan pahat.

“Tersangka Aril masuk ke rumah Muhamad (30), saat korban sedang terlelap tidurnya. Sedangkan TN dan HN, menunggu diluar mengawasi situasi sekitar,”ungkapnya.

Dari dalam rumah tersebut, sambung Listiyono, tersangka menggasak dua buah tas selempang, dua unit ponsel merk Samsung dan Nokia serta satu ekor burung kicau jenis kacer. Saat para tersangka akan keluar rumah membawa barang curian, kepergok dengan penjaga malam dan para tersangka langsung melarikan diri.

“Penjaga malam menghubungi aparat kepolisian Polsekta Telukbetung Selatan. Petugas langsung mendatangi lokasi tempat kejadian perkara (TKP),”terangnya.

Selanjutnya, petugas melakukan penyisiran, dan mendapati tersangka Aril berusaha melarikan diri dengan membawa tas hasil curian. Saat itu juga, petugas mengejar Aril dan memberikan tembakan peringatan.

“Tembakan peringatan tersebut tidak diindahkan tersangka, petugas terpaksa melepaskan timah panas dipaha kirinya,”jelasnya.

Menurutnya, tersangka Aril ini adalah, spesialis pencurian dengan modus bobol rumah. Di wilayah Telukbetung Selatan ada dua TKP, aksi pencurian lainnya yang dilakukan tersangka di wilayah Panjang.

“Saat ini kasusnya masih dilakukan penyelidikan dan pengembangan, untuk mengungkap TKP adanya lain yang dilakukan tersangka Aril dan komplotannya,”pungkasnya. (Zai)

Loading...