Beranda Hukum Kriminal Bobol Toko di Metro, Remaja di Bawah Umur Warga Lampura Ditahan

Bobol Toko di Metro, Remaja di Bawah Umur Warga Lampura Ditahan

186
BERBAGI
Ilustrasi

Zainal Asikin   Teraslampung.com

METRO — Remaja berinisial PH yang masih berusia 15 tahun, warga Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara terpaksa harus mendekam di jeruji besi sel tahanan Mapolsek Metro Barat karena terlibat aksi pencurian bobol toko sembako milik korban Dewi di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, pada Rabu 20 Juni 2018 lalu.

“Petugas menangkap PH, pelaku pencurian modus bobol toko saat pelaku tengah berada di wilayah Jatiagung, Lampung Selatan, pada Kamis 30 Agustus 2018 sekitar pukul 20.00 WIB,”kata Kapolres Metro, AKBP Umi Fadilah melalui Kapolsek Metro Barat, AKP Sumarno, Sabtu 1 September 2018.

Dikatakannya, penangkapan terhadap pelaku PH tersebut, berdasarkan atas laporan korban Dewi, warga Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

“Untuk penyidikan lebih lanjut, pelaku saat ini diamankan di Mapolsek Metro Barat,”ujarnya.

AKP Sumarno mengungkapkan, pelaku yang merupakan warga Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara tersebut, melakukan aksi pencurian di toko milik korban Dewi, pada Rabu 20 Juni 2018 lalu sekitar pukul 01.00 WIB di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

Aksi pencurian tersebut, lanjut Kapolsek Metro Barat ini, dilakukan oleh pelaku PH bersama salah seorang rekannya yang saat ini masih buron. Dari aksi pencurian tersebut, kedua pelaku menggasak 150 bungkus rokok berbagai merk dan uang tunai Rp 300 ribu yang ada di dalam kotak amal.

“Akibat dari kejadian itu, kerugian korban ditaksir sebesar Rp 3 juta. Sementara untuk rekan pelaku, identitasnya sudah diketahui dan saat ini masih dalam pengejaran petugas,”ungkapnya.

AKP Sumarno mengutarakan, hasil pemeriksaan, pelaku PH mengaku tidak hanya sekali melakukan aksi pencurian. Selain mencuri di toko sembako milik korban Dewi, bahwa pelaku sudah tiga kali mencuri ponsel di wilayah hukum Polres Metro. Bahkan, pelaku juga pernah mencuri sepeda motor di Rajabasa.

“Saat ini kasusnya masih kami kembangkan, karena pelaku PH ini tidak hanya sekali melakukan aksi pencurian melainkan ada beberapa TKP lainnya,”terangnya.

Akibat perbuatannya, PH harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Metro Barat dan terancam Pasal 363 KUHP tentang curat, dengan ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.

Loading...