Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara BPBD Lampura Uji Coba Dua Perahu Fiber Bantuan BNPB di Way Rarem

BPBD Lampura Uji Coba Dua Perahu Fiber Bantuan BNPB di Way Rarem

222
BERBAGI
Personel BPBD Lampura menguji coba dua unit perahu bantuan dari BNPB
Personel BPBD Lampura menguji coba dua unit perahu bantuan dari BNPB

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Guna mengetahui sistem dan kapasitas dua unit perahu bantuan yang baru diterimanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Utara (BPBD Lampura) melakukan uji coba di aliran Way Rarem‎, Rabu (25/4/2018).

“Hari ini, kami menguji coba dua unit perahu fiber lipat (Porta-Bote) di aliran Way Rarem,” kata Pelaksana Kepala BPBD Lampura, Karim.

Dua unit perahu yang diujicobakan ini, menurut Karim, merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tambahan dua unit perahu ini sangat membantu pihaknya saat terjadi bencana alam.

“Perahu fiber ini berukuran tiga dan empat meter,” terangnya.

Masih menurut Karim, lokasi uji coba sengaja dilakukan di aliran Way Rarem yang sering meluap dan menyebabkan banjir. Dengan uji coba ini maka para petugasnya dapat membiasakan diri dalam pengoperasian ‎perahu – perahu itu.

“Dengan begitu, kami sudah mengetahui kemampuan dua unit perahu fiber yang baru itu,” jelas dia.

Untuk meningkatkan kemampuan para personilnya, ia akan mendatangkan tim penyelamat profesional supaya dapat memberikan pelatihan. Peningkatan kemampuan para personilnya ini diharapkan akan lahir penyelamat – penyelamat profesional di wilayahnya.

“Dengan ‎jumlah tim dan peralatan yang kami miliki, kami siap membantu daerah lain jika memang diperlukan,” terangnya.