BPJS Pastikan Para Pemudik Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis

  • Bagikan
Konfereni pers BPJS Kotabumi tentang layanan kesehatan gratis bagi pemudik.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Badan ‎Penyelenggara Jaminan Sosial Lampung Utara memastikan para pemudik bebas menggunakan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di mana pun saat mudik Lebaran mendatang. Layanan ini berlaku terhitung sejak delapan hari sebelum dan setelah Lebaran.

“Para pemudik yangmenggunakan layanan ‎JKN-Kartu Indonesia Sehat (KIS) tetap berhak mendapat pelayanan kesehatan saat mudik meski bukan berada di tempatnya mendaftar,” terang kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Lia Y. Surosa saat konferensi pers bertema mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan, di kantorny, Senin (04/06/2018).

Kebijakan ini, menurut Lia, untuk memudahkan dan ‘memanjakan’ para anggota JKN yang membutuhkan layanan kesehatan saat mudik. Kebijakan tersebut juga untuk menjalankan amanat peraturan perundang – undangan.

“Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik lebaran. walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP itu, mereka masih dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP yang telah menjalin kerja sama dengan BPJS,” ‎jelasnya.

Ia juga mengatakan, setiap fasilitas kesehatan yang telah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS termasuk FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) wajib memberikan layanan kesehatan bagi peserta dari luar daerah yang membutuhkan.

Jika memang dalam perjalanannya, para pemudik tidak mampu menemukan FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran atau membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, para peserta dapat menggunakan layanan di IGD Rumah Sakit.

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta,” papar dia.

Tak lupa pula ia mengimbau ‎kepada para peserta JKN-KIS untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS saat mudik lebaran.‎ Dan yang terpenting memastikan keanggotaannya sebagai peserta masih dalam keadaan aktif dengan cara membayar iuran tepat waktu.

“Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” urainya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Meitisa mengatakan, Pemkab telah menyediakan 27 unit Puskesmas saat mudik lebaran tahun ini. Khusus bagi Puskesmas yang dilewati oleh jalur para pemudik maka wajib buka selama 24 jam.

“Kami juga menyiagakan armada ambulans di setiap Puskesmas serta Poskotis. Pada prinsipnya, selama libur pelayanan akan tetap diberikan,” kata perempuan berjilbab ini

  • Bagikan