Bisnis  

BPK Perwakilan Lampung akan Periksa Pengelolaan Sampah, Pariwisata, dan Penyediaan Air Bersih

Kepala BPK Perwakilan Lampung Yusnadewi (tengah) di acara workshop tugas dan wewenang BPK Perwakilan Provinsi Lampung dalam pemeriksaan keuangan daerah, di kantor BPK Kamis 15 September 2022.
Kepala BPK Perwakilan Lampung Yusnadewi (tengah) di acara workshop tugas dan wewenang BPK Perwakilan Provinsi Lampung dalam pemeriksaan keuangan daerah, di kantor BPK Kamis 15 September 2022.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Lampung tahun 2022 ini pada semester dua akan melakukan pemeriksaan pengelolaan persampahan, pembangunan pariwisata, dan infrastruktur penyediaan air bersih di beberapa kabupaten.

“Untuk pemeriksaan pengelolaan sampah di Kota Metro, pemeriksaan infrastruktur air bersih di Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji sedangkan sedangkan pemeriksaan pembangunan pariwisata itu di Pesawaran,” jelas Kepala BPK Perwakilan Lampung, Yusnadewi usai acara media workshop tugas dan wewenang BPK Perwakilan Provinsi Lampung dalam pemeriksaan keuangan daerah, di kantor BPK Kamis 15 September 2022.

Menurutnya, ini merupakan pemeriksaan tematik atau pemeriksaan yang dilaksanakan bukan cuma BPK Perwakilan Lampung saja tapi dilaksanakan oleh BPK Perwakilan lain.

“Saat ini masih dalam perencanaan dan kita mulai sekitar bulan Oktober,” tambahnya.

Saat ditanyakan alasan BPK Perwakilan Lampung memeriksa pengelolaan sampah di Metro, kenapa bukan di Kota Bandarlampung,  Yusnadewi mengatakan bahwa BPK belajar dari pengelolaan sampah yang paling kecil.

“Kami belajar dulu pengelolaan sampah yang paling kecil dulu. Setelah kami memahami mungkin kami akan memeriksa juga pengelolaan sampah di Kota Bandarlampung,” katanya.

Sedangkan semester satu tahun 2022 BPK Perwakilan Lampung sudah melakukan pemeriksaan di 16 pemerintah.

“Kalau pemeriksaan ke 15 kab/kota dan satu provinsi itu merupakan mandatori kami. Kalau kami tidak jalankan pemeriksaan itu kami bisa dituntut. Sedangkan pemeriksaan tematik yang kita jalankan yaitu, kinerja penanggulangan kemiskinan dan dana bantuan partai politik,” katanya.

Dandy Ibrahim