Beranda News Ekbis BPP AEKI Lantik Pengurus BPD AEKI Lampung Periode 2017- 2021

BPP AEKI Lantik Pengurus BPD AEKI Lampung Periode 2017- 2021

1060
BERBAGI

TERASLAMPUNG—Irfan Anwar ,selaku Ketum Badan Pengurus Pusat Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia ( BPP AEKI) melantik pengurus Badan Pengurus Daerah (BPD AEKI) Lampung Periode 2017-2021 di kantor AEKI, Selasa(29/8/2017).

Hadir dalam pelantikan tersebutKetum BPP AEKI Irfan Anwar, anggota dan pengurus AEKI Lampung, Staf Ahli Keungan dan Pembangunan Choiria Pandarita mewakili Gubernur Lampung , petani kopi dari Tanggamus.

Irfan Anwar mengatakan sekitar 70 persen kopi Indonesia ada di lampung dan diekspor melalui Pelabuhan Panjang , termasuk Palembang, Bengkulu dan Jambi . “ Oleh karena itu mohon dukungan Pemda Lampung agar dapat meningkatkan produksi kopi dengan luas lahan 163 ribu Ha dengan 220 ribu KK yang bergantug dengan kopi, perhatikan juga kesejahteraan petani karena Lampung sebagai salah satu sentra kopi robusta di Indonesia, “katanya.

AEKI Lampung sebagai bagian dari AEKI Indonesia telah banyak berkiprah dan berpartisipasi dalam pembangunan perkopian khususnya di Lampung . “Kami mengharapkan pengurus yang baru dilantik dapat melanjutkan astafet dan memberiaan kiprahnya bersama pemda selaku stakeholder dalam memajukan perkopian Lampung khususnya sdan perkopian nasional umumnya.” harapnya.

Sementara itu, Juprius, selaku Ketua BPD AEKI Lampung Periode 2017-2021 terpilih, menyatakan banyak masalah klasik dalam perkopian yang dihadapi para pelaku usaha diantranya masalah harga standar kopi robusta yang ditentukan oleh bursa London, tingkat produktivitas kopi di Lampung yang rata –rata masih 1 ton/Ha, ekspor kopi yang masih berupa bahan mentah.

Permasalahan soal kopi bukan hanya soal perdagangan luar negeri saja tetapi juga menyangkut hajat hidup orang banyak warga Lampung , oleh karena itu harus ddiperbaiki tata kelola dan tata niaga perkopian di Lampung. Selian itu juga perlu dimaksimalkan fungsi dan peranan Tim Pembinaan Perkopian yang telah dibentuk oleh Pemda Lampung sejak tahun 2000 lalu.”Saya mengajak pengurus dan anggota AEKI Lampung untuk berbuat demi NKRI khususnya perkopian di Lampung,’ katanya.

Mas Alina Ariifin