Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan BPPKB Lamsel Gelar Pelayanan KB di Acara Bedah Desa dan Baksos Kemensos

BPPKB Lamsel Gelar Pelayanan KB di Acara Bedah Desa dan Baksos Kemensos

90
BERBAGI

LAMPUNG SELATAN, Teraslampung.com – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Lampung Selatan memberikan pelayanan KB gratis di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Rabu (30/3).

Kabid Pengendalian KB BPPKB Kabupaten Lampung Selatan, Rubaidah, mengatakan, kegiatan pelayanan KB tersebut, bertujuan untuk meningkatkan peserta KB di Kabupaten Lampung Selatan, sekaligus menjalin kemitraan dan kerjasama dengan para bidan dan ibu-ibu PKK di Kabupaten Lampung Selatan.

“Pelayanan KB gratis ini, bukan yang pertama kali kami laksankan. Tapi untuk yang kesekian kalinya. Alhamdulillah, setiap menggelar pelayanan KB, ramai akseptor yang hadir, baik itu akseptor lama maupun peserta KB baru,” ujar Rubaidah.

Rubaidah mengatakan,pelayanan dan penyuluhan KB yang dilakukan ini bisa menekan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Lampung Selatan, sehingga program keluarga berencana dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Dijelaskannya, dalam kegiatan pelayanan KB ini pihaknya memberikan pelayanan KB gratis berupa pemasangan alat kontrasepsi IUD dan Implan, serta memberikan Pil, Suntik dan Kondom.

“Kami melibatkan para bidan yang tergabung dalam IBI Lampung Selatan untuk melakukan pemasangan alat kontrasepsi kepada para akseptor. Pelayanan KB ini, tentunya akan terus kami giatkan guna mensejahterakan masyarakat Lampung Selatan melalui pengendalian jumlah penduduk serta mengurangi angka kematian ibu, bayi dan balita,” jelasnya.

Menurut Rubaidahm selama ini sudah banyak macam alat kontarsepsi yang digunakan para akseptor khususnya bagi pasangan usia subur (PUS) seperti IUD, Implan, Suntik, kondom dan juga Pil.

“Oleh karena itu, agar program KB di Lampung Selatan bisa terus berjalan dengan baik, kami selalu berharap adanya peranserta masyarakat untuk bisa turut serta mendorong pelaksanaan program kegiatan yang dilaksnakan oleh BPPKB Lampung Selatan,” katanya.

Dalam kegiatan pelayanan KB kemarin, BPPKB Lamsel melayani sebanyak 195 akseptor KB dengan berbagai jenis penggunaan alat kontrasepsi KB seperti implant 150 akseptor, iud 10, suntik 20, dan pil 15 akseptor. (Iwan J.S)