Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara BPPKB Lamsel Gencar Berikan Pelayanan KB

BPPKB Lamsel Gencar Berikan Pelayanan KB

273
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Kabid Pengendalian KB BPPKB Lamsel Rubaidah, S. Sos (Samping Kanan, red), tengah melihat proses pemasangan alat kontrasepsi jenis Implan, pada acara pelayanan KB, di Makodim Lamsel, Senin (10/8).

KALIANDA – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya mengendalikan pertumbuhan penduduk di kabupaten serambi pulau sumatera ini.

Upaya itu dilakukan dengan cara mensosialisasikan serta memberikan pelayanan keluarga berencana (KB) kepada masyarakat di Lampung Selatan.

Seperti pada Senin (10/8) pagi tadi, dinas instansi yang membidangi masalah pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana di Lampung Selatan ini, menggelar kegiatan pelayanan KB gratis bersama TNI, bertempat di Aula Markas Kodim (Makodim) 0421- Lampung Selatan.

Pantauan Teraslampung.com, puluhan akseptor baik peserta lama maupun baru yang datang dari sejumlah desa di wilayah Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, terlihat antusias untuk mendapatkan pelayanan KB yang diberikan secara gratis itu.

Kepala BPPKB Lamsel Dra. Bayana, M. Si mengatakan, dalam kegiatan pelayanan KB tersebut, pihaknya sengaja mengandeng TNI dari Kodim 0421-LS, dengan tujuan selain untuk meningkatkan jumlah peserta KB di Kabupaten Lampung Selatan, juga dalam rangka menjalin kemitraan dan kerjasama dengan pihak TNI dalam mendukung program TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK).

“Memberikan pelayanan KB gratis di Markas KODIM 0421-Lampung Selatan ini bukan yang pertama kali. Tapi untuk yang kesekian kalinya. Alhamdulillah, setiap menggelar pelayanan KB disini (Makodim Lamsel, red), ramai akseptor yang hadir, baik itu akseptor lama maupun peserta KB baru,” ujar Bayana, kepada Teraslampung.com.

Bayana menuturkan, pihaknya mewakili pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI, khususnya KODIM 0421-Lampung Selatan yang telah turut serta peduli terhadap kesehatan masyarakat di Lampung Selatan.

“Kami harapkan, kerjasama dan kemitraan dengan pihak TNI ini bisa terus berlanjut. Sehingga upaya pencapaian peserta KB baru dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Lampung Selatan, betul-betul dapat terwujud seperti yang diharapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian KB Rubaidah, S. Sos menjelaskan, kegiatan pelayanan KB di Makodim 0421-Lampung Selatan kali ini, pihaknya memberikan pelayanan KB gratis berupa pemasangan alat kontrasepsi berupa IUD dan Implan, serta memberikan pil, suntik, dan kondom.

“Dalam kegiatan ini (pelayanan KB, red) kami dibantu oleh tim medis dari Pos Kesehatan 021015 Kodim Lampung Selatan. Pelayanan KB ini, tentunya akan terus kami giatkan guna mensejahterakan masyarakat Lampung Selatan, melalui pengendalian jumlah penduduk serta mengurangi angka kematian ibu, bayi dan balita,” jelasnya.

Dikatakannya, sejauh ini sudah banyak macam alat kontarsepsi yang digunakan para akseptor khususnya bagi pasangan usia subur (PUS) seperti IUD, implan, suntik, kondom dan juga pil.

“Oleh karena itu, agar program KB di Lampung Selatan bisa terus berjalan dengan baik, kami selalu berharap adanya peranserta para aparatur desa maupun kecamatan untuk bisa turut serta mendorong pelaksanaan program BPPKB dimasing-masing wilayahnya,” katanya.

Loading...