Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara BPPRD Lampung Utara Naikkan Target Pendapatan PPJ 2020

BPPRD Lampung Utara Naikkan Target Pendapatan PPJ 2020

322
BERBAGI
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

Feaby Handana |Teraslampung.com

Kotabumi–Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Lampung Utara berencana menaikkan target pendapatan dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari Rp17 miliar menjadi Rp18 miliar di tahun 2020. Target pemasukan dari sektor PPJ dinaikkan karena PAD dari sektor PPJ terus melampaui target tiap tahunnya.

BACA: Pemkab Lampung Utara Bokek, Pemasangan Lampu Jalan Gagal

“Tiap tahunnya, PAD dari PPJ selalu mengalami kenai. Jadi, rencananya target PAD-nya akan kami dinaikkan,” tutur Kepala BPPRD, M.Saragih, Kamis (6/2/2020).

M.Saragih kemudian merincikan perolehan PAD dari PPJ ‎mulai dari tahun 2018 hingga 2019. Tahun 2018, PPJ memperoleh pendapatan sebesar Rp17 Miliar lebih. Sementara targetnya hanya sebesar Rp16 Miliar. Dengan demikian, pendapatan PPJ melampaui target di tahun tersebut.

Kondisi sama juga terjadi di tahun 2019 silam. Dari target Rp17 Miliar, perolehan PPJ-nya mencapai Rp18 Miliar. ‎Artinya, target PAD dari penerangan jalan kembali mengulangi prestasi tahun sebelumnya.

“Karena selalu over target inilah yang membuat kami berencana menaikkan target PPJ di tahun ini,” kata M.Saragih lagi.

Ia mengatakan, PPJ ini berasal dari pelanggan listrik yang ada di Lampung Utara. Teknis pen‎gumpulannya merupakan kewenangan PT. PLN wilayah Lampung Utara.

BACA: Pemkab Lampura Terima Hibah 1.000 Unit Lampu Jalan dari Pemprov DKI

Nantinya, besaran yang dikumpulkan itu akan disetorkan oleh PT. PLN ke kas daerah Kabupaten Lampung Utara. Jika setoran PPJ telah masuk ke dalam kas maka pihaknya akan memeriksanya melalui aplikasi khusus.

“Selain mengecek langsung, biasanya petugas PLN akan memberitahu kami tak lama setelah menyetorkan PPJ itu,” terang mantan Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Lampng Utara itu.

Loading...