Brasil Jamu Kroasia di Laga Pembuka Piala Dunia 2014

  • Bagikan

Bagas M. Prasetyo/Teraslampung.com

Sao Paulo—Laga pembuka Piala Dunia 2014, Kamis (12/6) atau Jumat (13/6) pukul 03.00 waktu Indonesia, tuan rumah Brasil akan menjamu tim Kroasia. Kedua tim ini berada dalam Grup A.

Tim lain dalam grup A ini adalah Meksiko yang akan bertemu dengan Kamerun, Jumat (13/6) pukul 23.00 waktu Indonesia.

Prediksi pertandingan pembuka ini, Brasil dianggap bertemu dengan tim yang mudah dikalahkan. Brasil memiliki rekor yang impresif pada pertandingan perdana Piala Dunia. Sepanjang 20 laga pembuka mereka, Tim Samba ini tak pernah sekalipun kalah. Bahkan, 14 di antaranya dimenangkan Brasil.

Pada pertandingan pembuka Piala Dunia sebagai tuan rumah di Piala Dunia 1950, Brasil berhasil menggasak Meksiko dengan skor telak, yakni 5-0. Kendati berhasil menang 1-0 atas Serbia, pada pertandingan pemanasan jelang Piala Dunia, Jumat (7/6), para pendukung Brasil justru tak merasa puas dengan penampilan Tim Samba. Fans Brasil melontarkan kekecewaan dengan meneriaki para pemain dari luar lapangan.

Hasil tersebut tentu membuat pelatih Luiz Felipe Scolari berharap, para pemainnya tampil jauh lebih baik saat bertemu Kroasia di pertandingan perdana Piala Dunia 2014.

Scolari diperkirakan akan menurunkan formasi 4-2-3-1 untuk menghadapi Kroasia dengan mengandalkan Oscar untuk memasok bola kedepan. Alternatif lain bagi Brasil adalah menurunkan rekan se-tim Oscar di Chelsea Willian untuk menjadi kreator dari sektor gelandang.

Di bagian depan, Brasil akan bertumpu pada Neymar untuk mendulang gol demi gol. Striker Barcelona ini patut diwaspadai lini belakang Kroasia yang dikomandoi Vedran Corluka. Kecepatan, kelincahan, dan kegesitan Neymar bakal menjadi momok jika barisan pertahanan Kroasia lengah.

Sebaliknya Kroasia bakal kehilangan motor tim Mario Mandzukic. Striker Bayern Muenchen ini harus absen karena kartu merah yang diterimanya di babak play off melawan Islandia, November 2013.

Meskipun kehilangan Mandzukic, Kroasia memiliki kartu joker dalam diri Eduardo da Silva. Pemain kelahiran Rio de Janeiro ini bisa memberikan kejutan bagi negeri kelahirannya.

Absennya Mandzukic membuat Kroasia bakal menggantungkan harapan kepada Ivica Olic di lini depan. Dari tengah trio Luka Modric, Ivan Rakitic serta Mateo Kovacic bakal beradu kreativitas melawan Luiz Gustavo, Paulinho dan Oscar.

Brasil memang bakal menjadi unggulan di laga pembuka ini, namun Kroasia tak bisa disepelekan begitu saja. Kroasia memang tidak lagi memiliki pemain bintang pada era generasi emas 90-an seperti Davor Suker dan Robert Prosinecki, tapi tim asuhan pelatih Robert Kovac masih mampu memberikan kejutan.

Menariknya Kroasia juga belum menunjukkan penampilan yang mengesankan. Kroasia memang berhasil menang 1-0 atas Australia, Jumat (7/6) lalu, namun sayangnya Vatreni–julukan Kroasia—kerepotan saat menghadapi Swiss dan Mali di laga sebelumnya. Minimnya produktivitas gol menjadi hal yang dikhawatirkan Kovac di Piala Dunia kali ini.

Brasil bakal menghadapi beban untuk memenangkan laga perdana ini. Kendati begitu dengan kualitas skuat yang dimiliki Tim Samba, sekaligus dukungan dari publik Arena Corinthians di Sao Paolo diyakini Brasil masih memiliki kemampuan melewati hadangan Kroasia.

Dengan komposisi pemain yang mereka miliki, Brasil diprediksi bisa meraih tiga angka atas Kroasia. Tapi yang terpenting adalah Brasil bermain sebagai tim yang kompak. Mengandalkan seorang Neymar tidak akan bisa membawa Tim Samba ini meraih kemenangan seperti yang terjadi pada Piala Dunia 2006. Saat itu Brasil menggantungkan harapan kepada Ronaldinho.

Sekali lagi, kemenangan bisa digenggam tuan rumah pada laga perdana ini. Syaratnya, Brasil harus mencetak gol terlebih dulu dalam waktu yang cepat. Selain itu harus bermain kompak sebagai tim, dengan meredam ego individu.

Perkiraan pemain:

Brasil (4-2-3-1):
12-Cesar
2-Alves, 4-Luiz, 3-Silva, 6-Marcelo
17-Luiz Gustavo, 8-Paulinho, 11-Oscar
7-Hulk, 9-Fred, 10-Neymar
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Kroasia (4-4-2):
1-Pletikosa
11-Srna, 6-Lovren, 5-Corluka, 3-Pranjic
8-Vukojevic, 10-Modric
4-Perisic, 7-Rakitic, 20-Kovacic
18-Olic
Pelatih: Nico Kovac

  • Bagikan