Beranda News Pusiban Brigjen Purwadi Arianto Resmi Menjabat Kapolda Lampung

Brigjen Purwadi Arianto Resmi Menjabat Kapolda Lampung

1507
BERBAGI
Brigjen Polisi Purwadi Arianto (kanan) dan mantan Kapolda Lampung Irjen Suntana
Brigjen Polisi Purwadi Arianto (kanan) dan mantan Kapolda Lampung Irjen Suntana

Zainal Asikin |Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Kapolri Jenderal Tito Karnavian, memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Kapolda baru dan jabatan Kadiv Propam Polri di Gedung Rupatama Mabes Polri Jalan Trunoyo, Jakarta Selatan, Senin 20 Agustus 2018.Salah satu di antaranya Brigjen Pol Purwadi Arianto yang dilantik sebagaiKapolda Lampung.

Brigjen Purwadi Arianto menggantikan Irjen Pol Suntana yang akan menduduki jabatan baru sebagai Wakil Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Selain Brigjen Pol Purwadi Arianto, ada lima Kapolda lain yang dilantik dan serah terima jabatan. Antara lain Irjen Pol Martuani Sormin sebagai Kapolda Papua, Brigjen Pol Teddy Minahasa sebagai Kapolda Banten, Irjen Andap Budhi Revianto sebagai Kapolda Kepulauan Riu, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo sebagai Kapolda Riau dan Brigjen Pol Agus Andrianto sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Selain itu juga, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kadiv Propam Polri.

Sertijab tersebut dilakukan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VIII/Kep/2018 tertanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangani Karobinkar Brigjen Pol Eko Indra Heri.

Kabid Humas Polda Lampun  Kombes Pol Sulistyaningsih saat dikonfirmasi teraslampung.com melalui ponselnya membenarkan, bahwa hari ini Senin 20 Agustus 2018 pagi tadi telah dilaksanakan upacara pelantikan dan serah terima jabatan Kapolda Lampung di Mabes Polri.

“Ya benar, Brigjen Pol Purwadi Arianto resmi menjabat Kapolda Lampung menggantikan Irjen Pol Suntana,”ujarnya, Senin 20 Agustus 2018.

Menurutnya, upacara pelantikan dan sertijab tersebut, dihadiri oleh MenPAN-RB, Komjen (Purn Pol) Syafrudin, Komisionel Kompolnas, Waka Polri Komjen Ari Dono, Irwasum Polri Komjen Eko Putut Bayuseno serta pejabat utama Mabes Polri lainnya.

Acara pelantikan tersebut, kata Kombes Pol Sulistyaningsih, dimulai dengan penyemetan lencana dan pemberian tongkat komando kepada pejabat kepolisian dari Kapolri. Selanjutnya, Kapolri membacakan sumpah jabatan yang diikuti perwira yang dilantik. Salah satu sumpah jabatan yang diucapkan, bersumpah akan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat bangsa dan negara daripada kepentingan personal ataupun golongan.

“Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan nota integritas kepada keenam pejabat polri yang baru dilantik,”ungkapnya.

Dikatakannya, Setelai usai dilaksanakan sertijab ini, akan dilakukan upacara pisah sambut yang akan digelar di Mapolda Lampung siang hari ini sekitar pukul 13.45 WIB. Polda Lampung telah menyiapkan serangkaian kegiatan penyambutan Kapolda Lampung yang baru, Brigjen Pol Purwadi Arianto dan melepas Irjen Suntana yang ditarik ke Jakarta dan bertugas di Mabes Polri.

“Upacara penyabutan siang ini akan dilakukannya, segala persiapan semua sudah disipakan untuk menyambut Kapolda Lampung yang baru beserta istri, Sarie Purwadi Arianto oleh Irjen Pol Suntana beserta Ibu Elly Suntana di Mapolda Lampung,”terangnya.

Kemudian, lanjut Sulis, dilanjutkan laporan kesatuan oleh Irjen Pol Suntana dan Ibu Bhayangkari melaksanakan paripurna Bhayangkari dan serah terima Ibu Asuh Polwan di Graha Wiyono Siregar (GWS) Mapolda Lampung.

Kombes Pol Sulistyaningsih menambahkan, untuk Selasa 21 Agustus 2018 besok, akan dilaksanakan Farawell and Welcome Parade dan acara pelepasan Irjen Pol Suntana beserta istri di halaman Mapolda Lampung. Sedangkan untuk acara pisah sambut Kapolda Lampung, akan dilaksanakan di halaman parkir Mapolresta Bandarlampung.

“Saat acara pisah sambut Kapolda Lampung nanti, akan dihibur oleh penyanyi Ebit G. AD. Setelah itu, Bapak Irjen Pol Suntana beserta Ibu Elly Suntana kembali ke jakarta,”pungkasnya.

Loading...