Budi Utomo Bantah Lekok Kandidat Utama Sekkab Lampura

  • Bagikan
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Wakil Bupati Lampung Utara, Budi Utomo membantah bahwa Lekok, Asisten II Bidang Pengembangan Ekonomi Sekretariat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), menjadi sosok ‘terpilih’ sebagai Sekretaris Kabupaten Lampung Utara. Posisi Sekkab Lampung Utara kini masih belum terisi dan akan segera dilelang terbuka oleh Pemkab Lampung Utara selepas mendapat izin dari Pemerintah Pusat.

“Semua calon peluangnya sama saat mengikuti proses lelang jabatan,” tegas Budi Utomo di rumah jabatan wakil bupati, Kamis (16/4/2020).

Hal ini dikarenakan lelang jabatan Sekkab ini digelar secara terbuka untuk siapa saja sepanjang memenuhi persyaratan seperti yang telah ditentukan. Dengan begitu, seluruh pejabat dari penjuru Indonesia dapat mengikuti proses lelang tersebut.

“Setelah mengikuti lelang, nanti, tim yang akan menentukan siapa yang paling berhak menjadi Sekkab,” papar dia.

Sebelumnya, ramai dikabarkan bahwa Lekok memiliki peluang teratas untuk menjadi Sekkab Lampung Utara dari dua kandidat lainnya yang digembar-gemborkan. Kedua kandidat lainnya itu, Sekkab Lampung Timur, Syahrudin Putra, dan Gunawas Kepala Pariwisata Pesisir Barat.

Diketahui, meski telah mendapat restu dari pihak Kementerian Dalam Negeri, namun proses lelang jabatan di Lampung Utara belum dapat digelar. Alasannya, masih menunggu izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN).

“Alhamdulillah kalau untuk izin dari Mendagri Sudah ke luar. Namun kita harus menunggu izin dari KASN juga, baru Selter bisa kita lakukan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampura Abdurahman didampingi Kabid Promosi dan Mutasi Hendri Dunan.

Izin Selter dari Mendagrri sendiri lanjutnya, diterima pada akhir bulan Maret 2020 lalu.
Setelah mendapat izin itu pihaknya langsung mengajukan izin ke KASN. Dan hingga saat ini rekomendasi dari KASN belum diterima.

Biasanya proses pengajuan izin ke KASN tidak terlalu lama, namun mungkin karena ada Covid-19 ini sehingga Pemkab Lampura harus menunggu. “Kalau sudah dapat izin dari semua akan langsung kita buka Selternya,” papar dia

  • Bagikan