Buka Rakor TPID, Ini Pesan Gubernur Lampung

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM —Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, membuka acara High Level Meeting (HLM) rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Senin (28/3/2022).

Rapat yang dilaksanakan dalam rangka persiapan menjelang bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah serta diseminasi Komoditi/Produk/Jenis usaha (KPJU) unggulan.

Gubernur Arinal dalam kesempatan tersebut mengatakan, menjaga tingkat inflasi untuk tetap pada titik keseimbangan adalah tugas bersama yang harus dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder terkait.

Hal ini dilakukan agar di saat Ramadhan dan Idul Fitri tidak terjadi tekanan signifikan terhadap harga bahan pokok di pasaran, dengan menerapkan kebijakan Pemerintah, terutama diarahkan terhadap Ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi,  serta Komunikasi yang efektif.

Dalam rangka keterjangkauan harga, Pemerintah Provinsi Lampung sejak awal tahun 2022 sudah melakukan kegiatan operasi pasar yang akan terus ditindaklanjuti dengan kegiatanpasar murah.

Sementara untuk kelancaran distribusi, kita terus meningkatkan kerjasama pihak-pihak terkait agar pengiriman pasokan bahan pangan tidak terganggu, termasuk penyaluran BBM dan elpiji subsidi dan nonsubsidi kepada masyarakat, serta penanganan jalan dan pengendalian arus kendaraan.

Sebagaimana yang selalu saya ingatkan untuk ketersediaan pasokan, saya minta kepada Kepala Daerah agar dapat mengoptimalkan Pusat Informasi Harga Strategis, monitor harga pangan dan lakukan pemantauan langsung ke lapangan guna memastikan ketersediaan stok pangan, baik milik pemerintah maupun pelaku usaha.

Gubernur Arinal, menghimbau kepada Satgas Pangan agar siap menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selaku konsumen dalam mengkonsumsi komoditas pangan, memberikan tindakan baik melalui pembinaan maupun hukum yang berlaku sesuai peraturan, apabila ditemukan pelaku usaha yang menyimpang

Perhatian selanjutnya adalah koordinasi dan komunikasi yang baik oleh Perangkat Daerah serta lembaga terkait lainnya untuk terus memberikan informasi yang positif pada masyarakat, sampaikan perkembangan kebijakan yang telah diambil setiap saat.

“Informasikan bahwa persediaan kebutuhanpokok aman, sehingga masyarakat diminta untuk untuk dapat bersikap rasional dan bijak dalam pemenuhan konsumsi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini,” kata Gubernur.

Gubernur Arinal juga berharap pelaksanaan Operasi ketupat 2022 dapat berjalan dengan baik sehingga mampu mengantisipasi permasalahan di titik-titik rawan. Sehingga masyarakat dapat merasakan aman, kondusif dan tertib pada Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1443 H.