Beranda Pendidikan Buku “Mbah Omen Mencari Keadilan” akan Dibedah di Pustakarda Metro

Buku “Mbah Omen Mencari Keadilan” akan Dibedah di Pustakarda Metro

867
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Buku Mbah Omen Mencari Keadilan karya dosen Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) akan dibedah dalam acara Buka Buku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Pustakarda) Kota Metro pada Selasa, 27 Agustus 2019.

Buku ini berkisah tentang korban salah tangkap, seorang marbot masjid Al Jihad Balaraja, Tangerang. Menurut penulisnya, M. Idran yang juga bertindak sebagai pengacara Mbah Omen, perjalanan Mbah Omen mencari keadilan cukup mengharukan, dituduh melakukan perampokan, ditangkap tanpa prosedur, Mbah Omen juga mengalami kekerasan fisik dan psikis selama menjalani masa penahanan baik di kepolisian maupun kejaksaan selama sepuluh bulan.

Pada akhirnya dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Kotabumi pada 7 Juni 2018 Mbah Omen dinyatakan tidak bersalah berdasarkan bukti dan fakta persidangan. Hal itu dikuatkan dengan putusan Kasasi oleh Mahkamah Agung (MA) yang diputus pada 25 September 2018 lalu, sehingga Mbah Omen dinyatakan bebas dan tidak bersalah.

Sebagai pengacara yang mendampingi Mbah Omen sejak awal, M. Idran akhirnya terdorong untuk membukukan perjalanan tersebut, untuk berbagi kisah sekaligus berharap buku akan bermanfaat bagi masyarakat luas, sebagai pembelajaran hukum.

Di pihak lain, Dinas Pustakarda Metro yang mengetahui kisah haru perjuangan Mbah Omen, merasa tertarik untuk membedahnya dalam acara “Buka Buku; Berbagi Kisah dan Bedah Buku”, yang rutin diadakan di minggu terakhir setiap bulan.

“Perjuangan Mbah Omen ini bisa menjadi kisah inspiratif bagi warga, melahirkan optimisme baru di tengah memudarnya kepercayaan publik terhadap aparat penegak hukum,” jelas Andika Septian, salah satu panitia Buku Buku Dinas Dispusarda Kota Metro, (Senin, 26/08/2019).

Loading...