Beranda News Pusiban Bulan Bakti Peternakan, Wagub Serahkan Bantuan 266 Sapi dari Pemerintah Pusat

Bulan Bakti Peternakan, Wagub Serahkan Bantuan 266 Sapi dari Pemerintah Pusat

53
BERBAGI
Wagub Bachtiar Basri (jas putih) mengenakan sarung tangan untuk segera melakukan inseminasi buatan untuk sapi milik peternak Desa Rulungsari, Natar, Lampung Selatan, Selasa (1/8/2015).

NATAR, Teraslampung.com — Wakil Gubernur Bachtiar mencanangkan Bulan Bakti Peternakan dan Rabies 2015 di Desa Rulungsari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Selasa pagi (1/9/2015).

Acara pencanangan Bulan Bakti Peternakan dan Rabies 2015yang digelar di Lapangan Desa Rulungsari itu dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan 266 ekor sapi untuk 15 kelompok di delapan kabupaten, bantuan 6.000 ekor ternak ayam lokal untuk tiga kelompok di Bandarlampung,

Selain itu, penyerahan antaun timbangan termak, fasilitasi sarana uji cepat pengawasan produksi ternak, penguatan pembibitan sapi peranakan Ongole, dan pelaksanaan inseminasi buatan.Semua bantuan ternak dan peralatan tersebut berasal dari dana APBN melalui Dinas Peternakan Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Wagub Bachtiar Basri mengatakan, Pemprov Lampung akan terus meningkatkan populasi dan produktivitas ternak. Antara lain dengan pengoptimalan inseminasi buatan dan penanggulangan gangguan reproduksi sapi dan kerbau.

“Lampung dikenal sebagai salah satu lumbung ternak nasional, terutama sapi. Lahan kita masih sangat luas. Lampung menjadi pemasok sapi terbesar di wilayah Jawa dan Sumatera. Ketersediaan daya tampung ternak kita masih ada 1,4 satuan ternak, tetapi baru 20 persennya,” kata Wagub.

Sementara terkait penyebaran penyakit rabies, Wagub mengatakan Lampung masih belum bebas rabies seperti daerah di Pulau Jawa, NTB, Papua, Papua Barat. Riau. dan Bangka Belitung.

“Rabies menjadi ancaman bagi kita di Lampung. Pemprov Lampung akan melakukan pencegahan penularan penyakit rabies dengan vaksinasi massal,” katanya.

Dewira/Oyos Saroso HN