Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Bumi Aji Maju ke Lomba Kampung Tingkat Kabupaten

Bumi Aji Maju ke Lomba Kampung Tingkat Kabupaten

45
BERBAGI

Mas Bowo/Teraslampung.Com

Pencak silat Lampung (teraslampung/mbw)

Lampung Tengah—Bumi Aji, Kecamatan Anak Tuha maju ke Lomba Kampung tingkat Kabupaten Lampung Tengah. Kampung tua ini, bahkan, siap menjadi yang terbaik untuk mewakili kabupaten di event provinsi.

Lomba kampung tingkat Kabupaten Lampung Tengah dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, melibatkan dinas/instansi lainnya sebagai tim penilai. Lomba ini diikuti dua puluh delapan kampung yang mewakili masing-masing kecamatan di Lampung Tengah.  

Beberapa bidang yang menjadi kriteria penilaian lomba,seperti administrasi pemerintahan kampung, kebersihan kampung, keterampilan dan kerajinan tangan ibu-ibu PKK, pemanfaatan lahan untuk tanaman obat, pendidikan anak usia dini, dan peningkatan sumberdaya manusia,  serta bidang kesehatan masyarakat pos yandu.

Acara yang dipusatkan di Balai Kampung, dihadiri isteri wakil bupati Nesi Mustafa, Uspika.  ketua tim penilai Ahmad Wanto, serta 60 penilai kabupaten.

Bumi Aji adalah salah satu kampung tua dari dua belas kampung yang ada di Kecamatan Anak Tuha. Kampung ini berdiri pada abad 18. Kampung dengan luas 8.596 hektar, dihuni oleh 1.334 KK atau 4.890 jiwa.

Kampung ini berawal hanyalah umbul bumian, dan kala itu hanya ditempati tidak lebih dari 26 kepala keluarga.

Menyemarakkan kegiatan lomba tersebut, ditampilkan senam ibu- ibu lansia, seni budaya tradisional Lampung, dan kuda kepang.

Camat Anak Tuha Andy RPA, memberikan apreasiasi kepada Kepala Kampung Bumi Aji. Sebab, baru menjabat satu tahun sudah mampu mengikutkan lomba kampung, dan menjadi wakil dari kecamatan menuju tingkat Kabupaten Lampung Tengah.

Sementara tokoh adat Bumi Aji Sutan  Kanjeng Penyimbang menjelaskan, lebih dari dua bulan ini dirinya mecurahkan tenaga, pikiran dan waktunya/ untuk kepala kampung, agar kampung yang ditempati sejak lahir dapat mengikuti lomba kampung.

Editor: Isbedy Stiawan ZS