Beranda News Lingkungan Bunga, Induk Gajah PLG Taman Nasional Way Kambas Melahirkan

Bunga, Induk Gajah PLG Taman Nasional Way Kambas Melahirkan

396
BERBAGI
Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas, Subakir (kiri), bersama bayi gajah yang baru dilahirkan oleh induk gajah penghuni PLG Way Kambas bernama Bunga (Foto: Istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Pusat Latihan Gajah (PLG) Balai Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur kembali menambah keluarga baru setelah lahirnya bayi gajah pada Kamis dini hari, 28 Maret 2019, pukul 02.45 WIB.

Bayi gajah berjenis kelamin jantan itu dilahirkan induk gajah bernama Bunga melalui proses kelahiran normal. Bayi gajah yang beratnya diperkirakan 137 kg, tinggi 91 cm, panjang badan 110 cm, dan lingkar dada 119 cm itu terlihat sehat.

“Bayi gajah sudah disusui induknya. Induknya akan menyusui bayi gajah selama dua tahun,” kata Subakir, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) kepada Teraslampung.com, Jumat siang, 29 Maret 2019.

Soal nama bayi gajah, Subakir mengaku belum memikirkannya. Menurutnya, ia harus berkoordinasi dengan pusat (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk memberikan nama bayi gajah yang baru lahir itu.

Menurut Subakir, dengan hadirnya anak Bunga maka kini jumlah gajah yang berusia di bawah lima tahun (balita) di PLG TNWK ada 16 ekor. Sedangman gajah dewasa ada 52 ekor.

Bayi gajah yang baru saja dilahirkan induk gajah bernama Bunga senang menyusu induknya. (Foto: Istimewa)

“Yang lahir tahun 2019 saja ada tiga ekor. Yaitu pada 26 Januari 2019, 14 Februari, dan 28 Maret 2019,” katanya.

Sukatmoko dari Balai TNWK mengaku senang dengan lahirnya bayi gajah tersebut.

“Kami tentu saja senang. Dengan lahirnya gajah ini berarti PLG memiliki 68 gajah. 16 di antaranya masih anak-anak atau balita. Saya sampaikan selamat kepada semua kawan di PLG Way Kambas atas kelahiran bayi gajah. Semoga PLG sebagai pusat breeding gajah Sumatera terwujud,” kata Sukatmoko.

Oyos Saroso HN

Loading...