Beranda Hukum Kriminal Bunuh Adik Tiri, Brigadir Triandi Yulianto Divonis 20 Tahun Penjara

Bunuh Adik Tiri, Brigadir Triandi Yulianto Divonis 20 Tahun Penjara

84
BERBAGI
Terdakwa Brigadir Triandi Yulianto dalam sidang di PN Tanjungkarang, Bandarlampung. (Foto: dok tribunlampung.co.id)

TERASLAMPUNG.COM — Brigadir Polisi Triandi Yulianto (30) alias Andi, anggota Polsek Telukbetung Utara, Bandarlampung, divonis hukuman 20 tahun penjara oleh majelis hakim dalam sidang di PN Tanjungkarang, Senin (16/6/2014).

Ketua Majelis Hakim Nelson Panjaitan dalam putusananya menyatakan terdakwa Triandi Yulianto secara sah dan meyakinkan telah membunuh adik tirinya yang bernama Agung Budi Wibowo (11) karena sakit hari terhadap orang tuanya.

“Terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan yang direncanakan. Kepada terdakwa dijatuhkan putusan penjara selama 20 tahun,” kata Nelson Panjaitan.

Vonis itu lebih ringan dibanding tuntutaan JPU. Sebelumnya, JPU Hartono menuntut terdakwa Andi hukuman penjara seumur hidup.

 

Andi yang selama persidangan terlihat tenang langsung menyatakan akan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Lampung atas putusan tersebut.

Nawawi, penasihat hukum Andi, mengaku pihaknyaa sudah menyiapkan upaya banding atas putusan hakim. Alasannya, kata dia, dasar untuk memberikaan putusan itu menurutnya tidak sesuai.

“Yang dipakai hakim adalah KUHP yakni pasala pembunuhan, sedangkn  kami mengacu kepada UU Perlindungan anak,”kata Nawawi.

Sebelumnya, selama pemeriksaan di kepolisian Brigadir Triandi Yulianto selalu melakukan aksi tutup mulut. Ia tidak mau menjawab pertanyaan penyidik kepolisian. Namun, keterangan saksi-saksi lain membuat Triandi tidak bisa mengelak dari tuduhan bahwa dirinya membunuh adik tirinya karena dilatarbelakangi sakit hati kepada orang tuanya.