Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Agung Akan Lanjutkan Windu Cita dalam Membangun Lampura

Bupati Agung Akan Lanjutkan Windu Cita dalam Membangun Lampura

368
BERBAGI
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara memaparkan visi dan misinya dalam sidang paripurna DPRD Lampung Utara, Rabu, 27 Maret 2019.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Program windu cita masih tetap menjadi program – program unggulan dalam pemerintahan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo (Abdi),yang baru saja dilantik oleh Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo, Senin, 25 Maret 2019.

“Kami (tetap) berani menawarkan visi dan misi yang bertujuan untuk mewujudkan Lampung Utara yang aman, agamis, maju dan sejahtera,” tutur Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dalam sidang paripurna pidato pemaparan visi dan misi Bupati Agung di gedung DPRD, ‎Rabu (27/3/2019).

Keamanan menjadi sengaja ditempatkan menjadi prioritas utama dalam visi dan misi mereka. Sebab, dengan adanya rasa aman bagi warga maka seluruh aktivitas usaha dapat berjalan dengan nyaman sehingga akan bermuara pada pertumbuhan ekonomi yang beririsan dengan proses pembangunan.

‎”Dengan visi agamis makan akhlak dan moral generasi muda akan benar – benar terjaga dan juga akan menyukseskan program pembangunan sesuai rencana,” kata dia.

Sementara mengenai visi maju, ia menjelaskan bahwa kemajuan menjadi tujuan utama dari setiap pembangunan. Dengan maju maka aktivitas usaha dan beribadah akan lebih mudah dan nyaman.

“Visi sejahtera akan membuat seluruh kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi sehingga akan tercipta pribadi – pribadi yang baik di masa mendatang,” terangnya.

Untuk mencapai visi tersebut, pihaknya akan tetap menjalankan delapan program unggulan ‎periode sebelumnya yang dikenal dengan windu cita.

Kedelapan program itu ialah mewujudkan rasa aman, nyamann dan tenteram bagi warga, meningkatkan iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi.Selanjutnya, mewujudkan layanan prima aparatur pemerintah dengan prinsip clean (bersih) dan open government (pemerintahan terbuka).

Lalu, mewujudkan ‎pembangunan infrastruktur yang mantap dan berkelanjutan.Kelima, menyediakan layanan kesehatan gratis dan berkualitas bagi masyarakat Lampung Utara.

Keenam, ‎menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas bagi masyarakat Lampung Utara.Lalu, program ketujuh, mewujudkan Kemandirian Ekonomi dengan memaksimalkan potensi strategis daerah dalam berbagai sektor usaha.

Terakhir, menjaga dan Melestarikan Budaya Daerah sebagai perekat dan pemersatu masyarakat Kabupaten Lampung Utara. ‎

Dalam kesempatan ini, bapak tiga anak tersebut juga mengatakan bahwa bidang infrastruktur, pendidikan dan ekonomi, kesehatan akan menjadi prioritas utama di masa mendatang.Untuk bidang infrastruktur akan difokuskan terhadap pembangunan atau peningkatan‎ kualitas jalan, jembatan, irigasi dan pengairan, listrik masuk desa, internet masuk desa, dan pemiliharaan infrastruktur fisik.‎

Pada bidang kesehatan akan difokuskan pada layanan kesehatan melalui kartu sehat yang berlaku hingga RSU Abdul Muluk, penambahan tenaga medis (dokter umum, dokter spesialis, bidan, perawat), ‎dokter masuk desa, peningkatan status puskesmas.

Sementara bidang pendidikan ditujukan untuk menyediakan pendidikan gratis hingga SMP, ‎beasiswa bagi penghapal Al-Qur’an, beasiswa bagi para guru yang ingin melanjutkan jejang pendidikan, subsidi kesejahteraan guru honor.

“Pelbagai ‎program ini akan dijabarkan dalam program pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2024,” katanya.