Bupati Agung akan Lantik Langsung Wabup Lampung Utara

  Bupati Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dan  Calon Wakil Bupati, Sri Widodo (kanan).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (kiri) dan calon Wakil Bupati Lampung Utara Sri Widodo (kanan).

KOTABUMI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) memastikan pelantikan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Sri Widodo akan dilakukan langsung oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara. Kendati demikian, kapan  pelantikan akan dilakukan, hingga kini masih belum jelas. Sebab, surat pengantar dari Gubernur Lampung untuk melantik Sri Widodo masih belum turun meski Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Sri Widodo sebagai Cawabup Lampura dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah di meja Gubernur.

“Pak Bupati yang akan melantik (Sri Widodo). Kita (tinggal) nunggu surat pengantar dari Gubernur itu aja (untuk pelantikan Cawabup),” kata Kepala Bagian Hukum Pemkab, Hendry, melalui pesan Blackberry-nya, Jum’at (20/2) malam.

Sementara dasar penerbitan SK pengangkatan Cawabup Sri Widodo dari Kemendagri, menurut Hendry, berpedoman pada Peraturan Pemerintah nomor 102 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 85 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengusulan dan Pengangkatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota.

“SK itu masih berdasarkan PP nomor 102 tahun 2014 dan Permendagri nomor 85 tahun 2014,” papar dia.

Disinggung mengenai penilaian sejumlah kalangan yang berpendapat bahwa pelantikan Cawabup Sri Widodo bakal berpotensi cacat hukum lantaran peraturan yang mengatur tentang pengusulan dan pengangkatan (calon) Wakil Bupati telah direvisi, Hendry dengan tegas menyatakan anggapan itu tak benar adanya. Ia mengaku telah berkonsultasi dengan pihak Kemendagri ihwal tersebut.

“Apabila memang SK itu bermasalah, tentunya pihak Kemendagri tak akan gegabah menerbitkan SK tersebut. Saya juga sudah konsultasi ke Kemendagri (soal itu). Yang neken (tanda tangan) kan Kemendagri. Mereka enggak semudah itu mengeluarkan SK kalau bermasalah,” katanya.

Di lain sisi, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol, Tomy Suciadi mengatakan bahwa kemungkinan besar prosesi pelantikan Cawabup Sri Widodo akan dilakukan di kompleks Islamic Center.

“Rencananya (pelantikan itu) di kompleks Islamic Center,” terang alumni Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu.