Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Agung Gunakan Dana Pribadi untuk Perbaiki Jalan Desa Negara Ratu

Bupati Agung Gunakan Dana Pribadi untuk Perbaiki Jalan Desa Negara Ratu

1277
BERBAGI
Warga bergotong royong memperbaiki Jalan Raya Negara Ratu yang material perbaikannya berasal dari bantuan pribadi Bupati Agung Ilmu Mangkunegara.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Buruknya kondisi Jalan Provinsi yang membelah Desa Negara Ratu, Sungkai Utara, Lampung Utara membuat Bupati Agung Ilmu Mangkunegara bergerak cepat dengan berinisiatif mengucurkan dana pribadi untuk memperbaiki jalan tersebut.

Langkah taktis ini adalah solusi cepat untuk menindaklanjuti keinginan warga sekitar yang mengin‎ginkan jalan mereka diperbaiki. Sementara, Pemkab tak dapat menganggarkan perbaikan jalan karena jalan itu merupakan jalan milik Pemerintah Provinsi.

“Karena jalan itu milik Pemerintah Provinsi, Pemkab tak punya kewenangan untuk memperbaikinya. Sementara, warga sangat ingin jalan mereka diperbaiki sehingga pak Bupati berinisiatif mengeluarkan dana pribadi untuk menindaklanjuti keinginan warga itu,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lampung Utara, Syahbudin melalui Sekretarisnya, Susilo Dwiko saat memantau perbaikan jalan tersebut, Rabu (14/12/2016).

Syahbudin mengatakan, ‎kucuran dana yang dikeluarkan oleh Bupati ini diwujudkan dengan pengiriman bebatuan yang diperuntukkan untuk menambal sulam lubang – lubang yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Total panjang jalan yang akan akan ditambal sulam mencapai sekitar 15 Kilometer. Perbaikan tambal sulan untuk jalan itu telah dimulai hari ini. Para pekerjanya sendiri berasal dari warga ‎sekitar yang dengan suka rela bergotong royong tanpa dibayar untuk memperbaiki jalan yang sehari – hari mereka lintasi.

“Bantuan material jalan ini adalah wujud nyata kepedulian dan kecintaan dari pak Bupati terhadap warganya,” terusnya lagi.

‎Di tempat sama, Kepala Desa Negara Ratu, Agus Sulistio mengatakan seluruh warganya merasa sangat terbantu dengan bantuan yang dikucurkan oleh Bupati. Hal inilah yang menyebabkan warganya rela bergotong royong membantu memperbaiki jalan tersebut. Total ada sekitar 200 warga yang berasal dari 10 dusun di desanya yang membantu perbaikan jalan.

“Jalan ini memang sering diperbaiki tapi selalu saja rusak. Oleh karenanya, warga di sini merasa sangat terbantu dengan bantuan dari pak Bupati sehingga mereka rela membantu perbaikannya,” kata dia.

Pantauan di lokasi, ‎selain memperbaiki jalan yang penuh lubang, warga juga memperbaiki gorong – gorong yang berada di tengah jalan. Selain dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, perbaikan jalan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat teras Pemkab seperti Asisten I Sekretaris Kabupaten, Yuzar, Kabag Hukum, Hendry, koordinator tenaga ahli, M. Yamin Tohir.