Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Agung Optimistis Seluruh Anggaran 2015 akan Terserap

Bupati Agung Optimistis Seluruh Anggaran 2015 akan Terserap

31
BERBAGI
Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara

‎Feaby/Teraslampung.com

KOTABUMI–Meskipun hingga awal September  penyerapan dana APBD  Lampung Utara 2015 baru mencapai sekitar 50 persen, namun Bupati Agung Ilmu Mangkunegara optimistis seluruh anggaran akan mampu terserap‎ sebelum akhir tahun ini.

“Saya optimistis, seluruh anggaran akan terserap. Malahan kalau ada (anggaran) lagi yang dikasih sama Pemerintah pusat, kita akan serap lagi,” selorohnya, Selasa (1/9).

Keyakinan Bupati termuda di Provinsi Lampung ini karena berbagai proyek pembangunan fisik maupun pengadaan barang akan dimulai pada sekitar pekan depan. Jika pencairan uang muka berbagai proyek itu telah dicairkan, kata Agung,  otomatis penyerapan  anggaran akan semakin tinggi.

Menurut Agung,  ‎kurang maksimalnya serapan anggaran Lampung Utara yang baru mencapai sekitar 50 persen itu lantaran berbagai kegiatan pembangunan belum dimulai. “Ini karena pekerjaan baru akan dimulai. Pencairan uang muka minggu depan. Itu nanti langsung 70 persen,” papar Agung.‎

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), Budi Utomo membenarkan bahwa‎ masih rendahnya serapan anggaran ini dikarenakan sejumlah instansi yang memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan, belum melaksanakan kegiatan pembangunan fisik.‎

Kendati demikian, rendahnya serapan anggaran ini bukan karena ketidakmampuan masing – masing instansi penerima DAK dalam mengelola anggaran melainkan karena kehati – hatian Pemkab dalam menganggarkan suatu kegiatan.

“Tapi sebentar lagi, proses pencairan uang muka berbagai kegiatan fisik akan segera dilakukan,” katanya.