Bupati Agung Serahkan Rp4,4 M untuk 256 PAUD di Lampura

  • Bagikan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menyerahkan bantuan dana operasional penyelenggara (BOP) bagi 256 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) senilai Rp4,4 miliar, di aula SMKN I Kotabumi, Lampung Utara, Senin (8/11/2016).

“Sudah menjadi tugas saya untuk menyiapkan sarana dan prasarana kepada setiap institusi pendidikan sehingga para pengajar dapat merasa nyaman saat menjalankan kewajibannya sebagai pengajar,” kata Bupati.

Menurut Bupati, lembaga PAUD cukup berperan terhadap pembentukan karakter anak – anak usia dini. Karena, usia 0 – 6 tahun merupakan masa – masa keemasan anak – anak untuk membentuk karakter dirinya sehingga diperlukan pengajaran yang baik dan tekun baik dari orang tua maupun pihak pengelola lembaga pendidikan. Oleh karenanya, tak salah jika sejak dini para orang tua maupun pihak sekolah menanamkan sedini mungkin mengenai rasa saling menghormati, tata krama, menghargai perbedaan, dan nasionalisme melalui keteladanan yang nyata.

“Anak – anak itu sangat sulit diajari tapi sangat mudah untuk meniru perilaku orang di sekitarnya. Jadi, berilah contoh yang baik bagaimana mempraktikan hal – hal yang baik kepada mereka,” tuturnya.

Bapak tiga anak ini mengharapkan BOP yang diberikan kepada para lembaga PAUD di wilayahnya ini bebas dari potongan apa pun alias pungutan liar. Selain itu, ia juga berharap para pengelola PAUD dapat mengelola dana tersebut secara efektif dan efisien agar benar – benar bermanfaat.

“Ingat, apa pun yang kalian terima itu, baik itu uang atau barang, semuanya ada tanggung jawabnya. Kelolalah dengan baik agar tak menyakiti hati rakyat,” harap suami Endah Kartika Prajawati itu.

‎Di lain pihak, Kabid Pendidikan Formal dan Non Formal‎ Dinas Pendidikan, Imam Hanafi mengatakan, bantuan dana yang diberikan kepada 256 lembaga PAUD ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Sayangnya, tak semua lembaga PAUD yang memperoleh bantuan itu melainkan hanya 256 dari 418 total lembaga PAUD yang mendapatkannya.
“Di masa mendatang, kami berharap, lembaga PAUD dapat‎ memperoleh bantuan sejenis BOS SD/SMP agar lembaga – lembaga PAUD ini dapat lebih maju dan berkembang,” kata dia.

  • Bagikan