Bupati Budi Utomo Larang KBM Tatap Muka, Ini Pengecualiannya

  • Bagikan
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana

Feaby |  Teraslampung.com

Kotabumi–‎Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara memastikan tak akan memberikan restu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah jika Lampung‎ Utara masih berstatus zona oranye. Dengan demikian, rencana KBM tatap muka pada 1 Maret mendatang masih belum dapat dilakukan jika tidak memenuhi persyaratan itu.

‎”Sepanjang status Lampung Utara masih zona oranye, saya tidak akan izinkan rencana itu,” tegas Ketua Satgas Covid-19 Lampung Utara, Bupati Budi Utomo, Kamis (25/2/2021).

Keputusan yang diambilnya itu semata – mata untuk keselamatan warganya berdasarkan pertimbangan status tersebut. Zona oranye Covid-19 merupakan zona yang penyebarannya berisiko tinggi dan potensi virus tidak terkendali. Pihaknya baru akan mengizinkan pelaksanaan KBM tatap muka jika status Lampung Utara telah turun menjadi status zona kuning.

“Kalau statusnya sudah zona kuning maka KBM dapat dilaksanakan,” paparnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara merencanakan Pembelajaran Tatap Muka di seluruh sekolah ‎akan dimulai pada awal Maret mendatang. Rencana itu masih menunggu persetujuan Bupati Lampung Utara sebelum benar – benar diterapkan.

“Rencananya, mulai awal Maret mendatang, seluruh sekolah mulai dari TK/PAUD hingga SMP akan kembali melakukan PTM seperti biasanya,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh, Selasa lalu.

Kebijakan yang mereka ambil itu didasarkan sejumlah pertimbangan‎, di antaranya penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dan keinginan para wali murid. Seperti yang diketahui, tidak ditemukan kasus positif dalam beberapa hari terakhir di Lampung Utara.

Kendati demikian, ia mengatakan, kebijakan itu masih membutuhkan persetujuan Bupati Budi Utomo. Setelah persetujuan didapat, mereka akan segera memberitahukan rencana itu pada seluruh kepala sekolah.

“Kami juga sudah berkoordinasi‎ dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi supaya SMA juga dapat melakukan PTM berbarengan dengan Lampung Utara,” jelasnya.

Loading...
  • Bagikan