Beranda Ruwa Jurai Pesawaran Bupati Dendi Ramadona Janji Percepat Akses Sanitasi 100 Persen di Pesawaran

Bupati Dendi Ramadona Janji Percepat Akses Sanitasi 100 Persen di Pesawaran

333
BERBAGI
Lokakarya Percepatan Santasi Layak, Sehat, Aman dan Berkelanjutan, di aula pertemuan Teluk Ratai, Pesawaran, Kamis, 4 April 2019.

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Pesawaran, Lampung berkomitmen untuk mempercepat akses sanitasi seratus persen di wilayahnya tahun 2019 ini.

Hal itu dikatakan bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Pemkab Pesawaran Syukur saat membuka Lokakarya Percepatan Santasi Layak, Sehat, Aman dan Berkelanjutan, di aula pertemuan Teluk Ratai, Pesawaran, Kamis, 4 April 2019.

“Kepada seluruh camat, kepala puskes serta para Kepala Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) untuk bersinergi agar persoalan sanitasi ini menjadi prioritas, sebab sanitasi merupakan layanan dasar yang harus diberikan pemerintah kepada masyarakatnya,” ujarnya

Sementara itu Direktur Eksekutif Mitra Bentala Mashabi mengatakan penyediaan air bersih dan sanitasi adalah kewajiban pemerintah kepada masyarakat.

“Universal Access seratus persen sanitasi layak, harus menjadi prioritas pemerintah dan harus tuntas di tahun 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut Mashabi menjelaskan, tujuan lokakarya ini untuk melihat sejauh mana capaian saat ini terhadap pemenuhan target Universal Access 100% Sanitasi Layak, Sehat, Aman dan Keberlanjutan yang juga merupakan target nasional pada Tahun 2019.

“Secara nasional access sanitasi layak wajib dipenuhi untuk seluruh masyarakat Indonesia, maka melalui Perpres Nomer.185/2014 Tentang Percepatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Permenkes Nomer 3 tahun 2014 dan menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat,” ujar Mashabi

Sementara itu, masih kata Mashabi dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran yang sudah Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) masih 9 desa yang target sanitasinya baru mencapai 83 persen.
“Dari data Smart STBM Nasional Kabupaten Pesawaran Akses sanitasinya yang baru mencapai 83 persen ada di 9 desa, artinya kurang 17 persendari target Akses Sanitasi 100 persen tahun 2019.”

Lokakarya Percepatan Santasi Layak, Sehat, Aman dan Berkelanjutan merupakan kerjasama Mitra Bentala, SNV Indonesia dan Pemkab Pesawaran itu diikuti para Kepala OPD, camat, kepala puskemas, Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Pesawaran.

Dandy Ibrahim

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaGubernur Ridho Dapat Penghargaan Tokoh Pembangunan dari AWPI
Artikel berikutnyaPujo Lampung Selatan Siap Dukung Jokowi Satu Periode Lagi
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya