Beranda News Pertanian Bupati Hanan Razak Canangkan Tanam Perdana di Kampung Andalas Cermin

Bupati Hanan Razak Canangkan Tanam Perdana di Kampung Andalas Cermin

108
BERBAGI
Bupati Hanan Razak tinjau areal cetak sawah baru di Kampung Andalas Cermin, Rawapitu.

TULANGBAWANG, Teraslampung.com Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak mencangangkan tanam perdana padi di areal cetak sawah baru di Kampung Andalas Cermin, Kecamatan Rawapitu, Rabu (25/5). Pencanangan tanam perdana juga ditandai dengan penyerahan mesin pertanian dan peninjauan secara langsung lokasi cetak sawah

“Saya berharap alat yang sudah diserahkan pemerintah untuk petani agar dapat digunakan semaksimal mungkin. Karena alat dan mesin pertanian (alsintan) memiliki peranan penting dalam kegiatan usaha tani untuk memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efektif dan efisien,” kata Hanan.

Bupati Hanan Razak meminta pihak terkait, termasuk para petani, dapat lebih meningkatkan upaya mencapai swasembada padi. Menurut Hanan, upaya-upaya terpadu dan terencana harus selalu dilakukan setiap tahunnya.

“Peningkatan sarana dan prasarana pendukung agar panen padi kita senantiasa tetap dengan produksi yang tinggi dan berkualitas. Jika semua harapan kami tersebut dapat diwujudkan, saya yakin Kabupaten Tulang Bawang akan terus menjadi lumbung padi,” kata dia.

Bupati Hanan Razak mengatakan Kabupaten Tulangbawang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Lampung. Untuk menyukseskan swasembada pangan nasional, pemerintah Kabupaten Tulang Bawang terus berupaya mendukung dan mendorong para petani agar bisa panen dengan baik.

“Pemkab Tulangbwang telah berupaya untuk mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan di bidang pertanian guna kemajuan para petani di Kabupaten Tulangbawang,” kata Hanan.

Hanan mengingatkan, sebagai salah satu daerah lumbung padi, warga Tulangbawanh tidak boleh berpuas diri, tetapi tetap fokus dan mawas diri dalam peningkatan produksi padi secara berkelanjutan.

“Untuk melaksanakan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara intensifikasi maupun dengan cara ekstensifikasi lahan pertanian yaitu dengan adanya kegiatan cetak sawah. Dengan adanya kegiatan cetak sawah baru dan dengan didukung penggunaan varietas padi unggulan kita akan mendapatkan hasil produksi dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi,” tuturnya.