Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Bupati Lampung Tengah Minta Kakam Fokus Kembangkan Potensi Kampung

Bupati Lampung Tengah Minta Kakam Fokus Kembangkan Potensi Kampung

25
BERBAGI
Pelantikan Kakam Gunung Agung, Kecamatan Anak Tuha, Lampung Tengah.

TERASLAMPUNG.COM, Lampung Tengah — Bupati Lampung Tengah, Mustafa, mengharapkan para kepala kampung dapat merancang program sesuai dengan potensi dan kondisi kampungnya masing-masing. Menurut Bupati, hal itu sangat penting karena para kepala kampung merupakan ujung tombak pembangunan.

“Apalagi dengan adanya alokasi dana desa, yang menuntut para kepala kampung kreatif. Kepala kampung harus memahami potensi dan kondisi masyarakatnya, lalu fokus pada pengembangan potensi tersebut. Adanya dana desa, juga harus mampu mengelola anggaran dengan baik yang berasaskan manfaat, transparansi, efektif dan efisien,” kata Mustaga  saat melantik Baherman Maduka sebagai Kepala Kampung (Kakam) Gunung Agung, Kecamatan Anak Tuha, Senin, 18/7/2016.

Mustafa juga mengharapkan kepala kampung bisa bekerja sama untuk mendukung program Pemkab Lampung Tengah, diantaranya sektor keamanan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif.

Gencarnya gerakan ronda, kata Bupati Mustafa, juga harus diimbangi para kepala kampung dengan menjadi pelopor dan teladan untuk mengaktifkan aktivitas ronda di kampung masing-masing.

“Kakam harus tegas. Pastikan aktivitas ronda berjalan dengan baik. Jika tidak aktif, lakukan evaluasi, gerakkan warganya untuk ikut ronda,” ujar Mustafa.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan untuk menjadikan Kecamatan Anak Tuha sebagai kampung adat. Ini menyusul masih kentalnya budaya dan adat istiadat Lampung di kecamatan tersebut.

“Kecamatan Anak Tuha juga merupakan kampung tua. Rencananya kampung adat ini akan menjadi kampung percontohan. Diharapkan langkah ini bisa melestarikan adat Lampung di kalangan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Anak Tuha, Rasmin menuturkan terpilihnya Baherman Maduka sebagai Kakam Gunung Agung merupakan hasil pemilihan Kakam pada 24 Maret lalu.

“Kecamatan Anak Tuha sendiri terdiri dari 8 kampung dan menjadi satu-satunya kecamatan di Lampung Tengah yang mendapatkan Gerbang Saburai. Mudah-mudahan ini semakin menggenjot pembangunan di Anak Tuha,” harapnya