Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Lampung Utara Siap Dukung Pengembangan Bisnis Batu Akik

Bupati Lampung Utara Siap Dukung Pengembangan Bisnis Batu Akik

309
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (berkaos hijau) mendampingi Wakil Ketua DPRD M. Yusrizal menggunting pita tanda dibukanya pameran batu akik di pelataran parkir pusat perbelanjaan Ramayana Kotabumi, Senin pagi (30/3).

Kotabumi–Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menyatakan kesiapannya untuk mendukung pengembangan bisnis batu akik di Lampung, Namun, ia meminta para pelaku bisnis batu akik di Lampung Utara, terutama para penambang, agar tetap menjaga kelestarian alam saat melakukan penambangan batu.

“Saya minta para pecinta batu tetap memperhatikan kelestarian alam saat menambang batu. Sebab, kelestarian alam bisa terganggu jika kita menambang sembara‎ngan,” imbau Agung saat membuka pameran batu akik, di pelataran parkir Ramayana, Kotabumi, Senin (30/3).

Fenomena atau demam batu akik‎ yang tengah ‘mewabah’ ini, menurut suami Endah Kartika Prajawati itu, dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan asalkan dikelola dengan baik. Sebab,  pecinta batu akik tersebut telah merambah ke semua kalangan baik kalangan muda maupun kalangan tua.

Enggak tua, enggak muda semua cinta batu sekarang ini. Bahkan ada gurauan hany monyet saja yang tidak pakai batu,” selorohnya.

Melihat potensi ekonomi yang bisa dihasilkan dalam bisnis batu akik di wilayahnya, pihaknya siap membantu dan mendukung para perajin batu akik dalam menjalan usahanya. Dukungan itu dalam bentuk pemberian modal dan berbagai peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Pemkab akan siap mendukung jenis usaha ini. Tujuannya, agar tingkat perekonomian rakyat menjadi lebih baik,” papar dia.

Dalam kesempatan ini, Agung juga meminta warganya untuk mencintai batu akik andalan Lampura yakni batu barus kodok dan barus Sungkai. Dimana kadar kedua batu asli Lampura itu ternyata tak kalah bersaing dengan jenis batu dari daerah lain seperti batu anggur api, batu bungur Tanjung Bintang, dan batu bacan.

“Lampura punya dua batu unggulan yakni batu barus kodok dan batu barus Sungkai yang kadarnya tak kalah dengan batu – batu lain dan bahkan lebih bagus dari bebatuan lain. Mari sama – sama promosikan batu ini agar dapat dikenal oleh daerah – daerah lain,”

Pembukaan pameran batu akik yang akan berakhir hingga tanggal 6 April ini ditandai‎ dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD, M. Yusrizal. Pameran ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Sri Widodo dan sejumlah anggota DPRD Lampura.

Loading...