Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Lampura Imbau Jamaah Calon Haji Jaga Kesehatan

Bupati Lampura Imbau Jamaah Calon Haji Jaga Kesehatan

319
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengimbau seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Lampung Utara yang akan berangkat ke tanah suci untuk terus menjaga kesehatannya supaya dapat lancar menunaikan rangkaian ibadah haji.

“Pesan saya, jagalah selalu kesehatan supaya lancar dalam menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci nanti,” pesan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara sebelum melepas JCH untuk diberangkatkan menuju Arab Saudi melalui embarkasi Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Orang nomor satu di Lampung Utara ini mengatakan, hendaknya para JCH mensyukuri kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT yang telah memilih mereka sebaga tamu-Nya pada tahun ini. Sebab, masih banyak orang – orang yang memiliki harta benda berlimpah namun belum diberikan kesempatan untuk pergi berhaji.

“Dapat menjadi tamu Allah SWT di tanah suci merupakan sesuatu yang luar biasa karena banyak saudara – saudara kita yang berlimpah hartanya, namun belum diberikan kesempatan beribadah haji,” tutur pemilik pelat merah BE I J ini.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampura, Qomaru Zaman, mengatakan bahwa JCH di wilayahnya berjumlah 583 orang pada tahun ini. Mereka terbagi ke dalam dua kloter pemberangkatan, yakni kloter 26 dan 44.

Kloter 26 berisikan 388 Jamaah Calon Haji dan kloter 44 berisikan 195 Jamaah Calon Haji. Yang berangkat hari ini ialah mereka yang berasal dari kloter 26‎. Waktu keberangkatan kedua kloter ini juga berbeda, yakni pada hari ini dan pada tanggal 18 Agustus mendatang.

“Mereka yang diberangkatkan hari ini adalah mereka yang tergabung dalam kloter 26. Sedianya total JCH dalam kloter ini ada 388 orang, namun karena satu jamaah dalam keadaan sakit maka yang diberangkatkan hanya 387 JCH saja,” terang dia.

Masih menurutnya, selain satu JCH dinyatakan gagal berangkat masih ada 1 JCH tak dapat pergi ke tanah suci karena meninggal dunia. JCH yang meninggal dunia itu merupakan anggota JCH dari kloter 44. Dengan demikian, kloter 44 hanya berisikan 194 JCH saja.

“Dengan adanya JCH yang meninggal dan sakit maka total JCH tahun ini hanya ‎581 orang saja,” katanya.