Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Lampura Kukuhkan Pengurus Ikatan Seniman Sungkai

Bupati Lampura Kukuhkan Pengurus Ikatan Seniman Sungkai

133
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara mengukuhkan kepengurusan Ikatan Seniman Sungkai (ISS), di Balai Adat Kecamatan Sungkai Selatan, Selasa (10//2).

Kotabumi–Untuk mempererat tali persaudaran sesama pelaku seni di wilayah Sungkai, Ikatan Seniman Sungkai (ISS) Lampung Utara (Lampura) mengukuhkan kepengurusannya, di halaman Balai Adat Kecamatan Sungkai Selatan, Selasa (10/2) pagi.

Acara pengukuhan ISS ini dihadiri langsung oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan sejumlah pejabat teras Pemerintah Kabupaten serta anggota legislatif setempat.

Menurut ketua ISS, Wanhar Hanafi, organisasi yang terdiri dari para seniman ini sengaja didirikan untuk melestarikan berbagai seni budaya Lampura khususnya seni budaya yang ada di Kecamatan Sungkai. Dimana seni budaya Sungkai ini tersebar di delapan Kecamatan di Lampura. Delapan Kecamatan itu yakni Kecamatan Sungkai Selatan, Muara Sungkai, Bunga Mayang, Sungkai Utara, Hulu Sungkai, Sungkai Barat, Sungkai Tengah, Sungkai Jaya.

“Kita ingin melestarikan seni budaya asal masyarakat Sungkai dari delapan Kecamatan Sungkai,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, organisasi ini juga untuk ini untuk mencari dan mengembangkan bibit – bibit muda potensial asal masyarakat Sungkai agar dapat membawa harum nama Kabupaten Lampura baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional.

“Melalui ISS ini, kita berharap tali persaudaraan seniman Sungkai akan tetap terjalin dan terus berkembang karyanya,” urainya.

Endah Kartika Prajawati, isteri Bupati Lampung Utara, melepas balon ke udara sebaga tanda dibukanya prosesi pengukuhan Ikatan Seniman Sungkai (ISS).

Dalam sambutannya Bupati Agung Ilmu Mangkunegara menyambut baik pembentukan organisasi yang bergerak di bidang kesenian di Lampung Utara. Menurutnya, wadah kesenian seperti ini akan dapat mempererat tali persaudaraan berikut mengembangkan berbagai budaya kesenian Lampura umumnya, dan wilayah Sungkai khususnya sehingga dapat mengenalkan Kabupaten Lampura ke luar daerah.

“Kita sangat setuju dengan pembentukan (ISS) ini. Semoga dapat membuat dunia kesenian kita lebih berkembang,” papar dia.

Orang nomor satu di Lampura ini juga berjanji akan selalu mendukung upaya para pelaku seni di wilayahnya dalam mengembangkan kesenian. Di antaranya melalui perbaikan berbagai sarana dan prasarana kesenian yang kebanyakan telah mengalami kerusakan.

“Sebagian dana akan kita berikan utk memajukan kesenian Lampura. Tapi kita juga minta masyarakat dan pelaku seni dapat merawatnya dengan baik,” kata dia.

Loading...