Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Bupati Lampura Luncurkan Mobil Administrasi Kependudukan Keliling

Bupati Lampura Luncurkan Mobil Administrasi Kependudukan Keliling

269
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Bupati Agung Ilmu Mangkunegara meluncurkan mobil pelayanan administrasi kependudukan keliling yang akan menyambangi warga di berbagai pelosok di daerahnya. Launching mobil berbasis internet ini dilakukan di halaman kantor Pemkab Lampung Utara, Jum’at pagi (17/2/2017).

“Mobil ini untuk memberikan pelayanan kepada warga di pelosok – pelosok yang ingin mengurus dokumen kependudukan mereka hingga tak perlu repot – repot ke kantor kecamatan atau Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil,” terangnya usai launching.

Menurut Agung, dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, E-KTP, kartu keluarga merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga. Oleh karenanya, sebagai pelayan rakyat sudah menjadi kewajiban pihaknya untuk mempermudah warga melengkapi atau melengkapi dokumen kependudukan mereka melalui berbagai fasilitas dan pelayanan secara gratis.

“‎meski pelayanan dokumen kependudukan itu sudah lama gratis tapi di lapangan, warga masih tetap mengeluarkan ongkos untuk datang ke instansi terkait. Beban ini yang ingin kami hilangkan dengan keberadaan mobil tersebut,” tuturnya.

‎Suami Endah Kartika Prajawati ini juga memberikan peringatan kepada setiap petugas untuk tidak memungut biaya sepeser pun kepada warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan mereka. Terlebih, setiap petugas operator telah diberikan honorarium sebesar Rp150 ribu/orang.

“Jadi, jangan coba – coba lagi ada pungutan apa pun di lapangan,” tandas dia.‎