Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Bupati Lamteng Membuka Musrenbang RKPD 2020

Bupati Lamteng Membuka Musrenbang RKPD 2020

868
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah )(Musrenbang RKPD) 2020,  di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Gunungsugih, Kamis (21/3/2019).

Musrenbang dihadiri antara lain Kepala BPD Provinsi Lampung Herlina Atmanegara (mewakili Gubernur Lampung), Wakil Ketua DPRD Lamteng Raden Sugiri, Sekertaris Daerah (Sekda) Adi Erlansyah, para Asisten, staf ahli Bupati, para kepala OPD, dan para Camat se-Kabupaten Lamteng.

Dalam sambutannya Bupati Lamteng Loekman Djouosoemarto mengatakan Musrenbang merupakan forum bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Lamteng untuk melakukan musyawarah dan mensepakati Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020.

“Forum ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam proses perencanaan pembangunan tahunan daerah, sebagai acuan dalam penyusunan RAPBD Tahun 2020,” kata Loekman.

 

Menurut Bupati Loekman m ada beberapa hal yang menjadi permasalahan dan tantangan utama dalam pembangunan di Kabupaten Lamteng. Antara lain pelayanan pendidikan dan kesehatan yang masih belum optimal, masalah stunting dan pengentasan kemiskinan, poduksi dan pemasaran hasil pertanian di tingkat petani belum maksimal, dan masih banyaknya infrastruktur yang perlu diperbaiki.

Selanjutnya pembenahan birokrasi menuju E-Government,  peningkatan kesejahteraan masyatakat, dan disiplin pegawai.

“Selain itu, kondisi keamanan dan ketertiban, potensi konflik sosial,pengelolaan sumberdaya alam yang belum mencapai tahap peningkatan kualitas hidup lingkungan masyarakat,” katanya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Bupati berharap  dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020 ini agar memprioritaskan peningkatan kualitas SDM, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan tata kelola pemerintahan, peningkatan keamanan dan ketertiban, persatuan dan kesatuan, gotong royong Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Menurut Loekman, dengan prioritas tersebut secara bertahap diharapkan dapat, mewujudkan Lamteng sebagai Lumbung Pangan yang aman, maju, sejahtera.

Dalam Musrenbang tersebut Bupati  Lamteng menekankan Kepada Seluruh Kepala OPD dan camat, untuk menyatukan langkah dan gerak, dengan menyusun program-program yang inovatif dengan target kinerja yang terukur dan Kepada OPD yang terkait dengan pelayanan publik, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan ada Pungli

“Para camat harus dapat membina dan mengawasi pelaksanaan pemanfaatan dana alokasi kampung,” katanya.

Pada akhir sambutannya Bupati Loekman mengingatkan: dalam rangka menghadapi PEMILU 2019 ini, bupati meminta kepada seluruh elemen masyarakat turut serta mensukseskan hajatan nasional ini, dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan wilayah kita sehingga iklim kondusif yang telah terjaga ini dapat terus dipertahankan. Katanya.

 

“Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Lamteng, telah dibangun komitmen yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan oleh seluruh steakholder yaitu : niat yang sama, langkah yang sama, suara yang sama, dan tujuan yang sama,”katanya..

“Empat komitmen tersebut tentunya, harus kita laksanakan bersama dengan semangat gotong royong yang tinggi. Semangat gotong royong ini merupakan budaya bangsa Indonesia yang mesti dijaga dan dilestarikan untuk dilaksanakan disetiap aspek kegiatan dalam masyarakat,” tandasnya.

ADVETORIAL

Loading...