Bupati Mesuji Ajak Petani Fungsikan Lumbung Desa

  • Bagikan
Bupati Khamami memberikan bantuan bibit kepada para petani, Sabtu (1/11). 

MESUJI, Teraslampung.com — Bupati Mesuji, Khamami ajak para petani untuk memfungsikan lumbung desa. Hal ini disampaikannya saat acara pembagian bantuan benih padi dan sayuran yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Rawajitu Utara, Sabtu (1/11/2014).

Khamami meminta para petani diharapkan menyimpan hasil panennya di lumbung desa, yakni sebanyak 50 kg gabah kering giling per hektare. Gabah kering giling yang disimpan sebagai tabungan untuk petani, bukan untuk pemerintah. Jika tidak terpakai nanti dapat dijual kembali oleh petani. Hal ini untuk mengantisipasi jika nanti terjadi musim paceklik dan rawan pangan,” terangnya.

Selain itu, bupati mengajak petani untuk mandiri, yaitu dengan membuat benih sendiri, tanpa harus membeli.

“Saya cukup bangga dengan hasil pertanian di Rawajitu Utara, dalam sekali panen dapat menghasilkan sebanyak 8-10 ton gabah kering giling per hektar. Prestasi yang patut dibanggakan,” ucapnya.

Khamami  juga meminta maaf karena tidak semua masyarakat mendapat bantuan, hal ini karena terbatasnya anggaran. “Kalau saya inginnya semua masyarakat mendapat bantuan, namun karena dana yang terbatas tidak semuanya mendapat bantuan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Mesuji, Anca Martha Utama, S.STP,MM,MP bahwa Kecamatan Rawajitu Utara mendapat alokasi bantuan benih terbanyak di Kabupaten Mesuji.

“Dalam pembagian bantuan hari ini sebanyak 304 kk dari dua  desa, yakni Desa Sungai Sidang dan Sidang Makmur mendapat bantuan benih sayuran. Sementara bantuan benih padi sebanyak total 25 ton diberikan kepada para petani di Desa Sidang Makmur, Sungai Buaya, Sidang Kurnia Agung, Sidang Iso Mukti, dan Panggungrejo,” jelasnya.

  • Bagikan