Beranda Ruwa Jurai Lampung Tengah Bupati Mustafa Resmikan Pasar Kampung Rowo Lamteng

Bupati Mustafa Resmikan Pasar Kampung Rowo Lamteng

33
BERBAGI
Bupati Lampung Tengah Mustafa meresmikan Pasar Kampung Rowo Asem, Trimurjo, Lamteng pada Rabu dini hari (3/5/20170)

Lampung Tengah – Memanfaatkan momen ronda, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa meresmikan pasar Kampung Rowo Asem Kampung Limanbenawi Kecamatan Trimurjo, Rabu dini hari  (3/5/2017). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Mustafa yang dihadiri ratusan warga setempat.

Kepala Kampung Limanbenawi Nyono menerangkan Pasar Rowo Asem terdiri dari 118 los, nantinya diperuntukan untuk pasar sembako yang mengakomodir keperluan jual-beli masyarakat. Saat ini, kata dia, pembangunan pasar mencapai 80 persen.

“Insya Allah sebelum puasa pasar ini sudah bisa dioperasionalkan. Semua sudah siap tinggal maping jalan. Pembangunan pasar Rowo Asem menelan dana sekitar Rp 700 juta yang merupakan hasil swadaya masyarakat,” ujarnya.

Nyono menambahkan, selama ini Kampung Limanbenawi belum memiliki pasar. Warga harus menempuh perjalanan jauh ke Metro atau Trimurjo. Dengan adanya pasar Rowo Asem diharapkan memudahkan warga dalam memenuhi kebutuhannya.

“Mudah-mudahan kehadiran pasar dapat meningkatkan perekonomian warga. Disini warga bisa berjualan apa saja, mulai dari sembako, sayuran, ikan dan lainnya. Perputaran ekonomi bisa bergerak lebih cepat,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Mustafa dalam sambutannya menuturkan, pasar menjadi sarana penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemkab telah penyelesaian pembangunan Pasar Seputihmataram, Pasar Rumbia dan sejumlah pasar daerah yang lain di Lamteng.

Tak hanya pasar daerah, pasar-pasar kampung menurut Bupati Mustafa, juga merupakan pusat- pusat perekonimian di tingkat kampung, yang harus diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kampung.

“Pemkab mengajukan anggaran ke kementerian perdagangan untuk membangun pasar-pasar kampung. Jika semua kampung telah memiliki pasar, Insya Allah perekonomian masyarakatnya akan membaik. Sebab petani tak perlu jauh-jauh menjual hasil pertaniannya,” katanya.

Menurut Mustafa , pasar bakal merangsang pertumbuhan ekonomi di semua tingkat masyarakat. Langkah ini merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi lokal.

“Pasar kampung berperan penting dalam penggerak ekonomi rakyat. Kehadiran pasar diharapkan bisa semakin menggeliatkan perekonomian warga. Tak hanya fokus fisik, tetapi juga dibangun manajemen yang profesional,” jelasnya.

Ronda di Trimurjo dilanjutkan dengan menginventarisir puluhan poskamling di sejumlah kampung setempat. Ronda kali ini, Bupati Mustafa didampingi puluhan riders dari komunitas motor Honda tua (dungkul) Lampung Tengah.(*)