Bupati Nunik Hadiri Penyerahan Kios di Pasar Sekampung

  • Bagikan
Bupati Chusnunia Chalim berbelanja dan berdialog dengan pedagang di Pasar Sekampung,Senin (8/1/2018).

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (Nuni) menghadiri penyerahan kios kepada para pedagang Pasar Daerah Sekampung, Senin (8/1/2018).

Bupati Nunik berpesan kepada para pedagang yang kiosnya sudah dibangun agar tetap menjaga kebesihan pasar sehingga kesehatan di lingkungan pasar tetap terjaga.

“Dengan perbaikan kios ini semoga makin banyak pengunjung,” kata Nunik.

Menurut Nunik pasar tradisional memiliki kelebihan, yakni interaksi masyarakat yang intip antara pedagang dengan para pembeli.

“Ada rasa kekeluargaan antarpedagang dan antara pedagang dengan pembeli. Kalau itu dapat terjalin dengan baik dan kebersihan dapat terjamin dengan baik, maka pasar akan hidup atau ramai pengunjung,” katanya.

Untuk menunjang eksistensi dan membuat pasar Sekampung makin ramai, Bupati Nunik meminta dinas terkait untuk membuat layanan komunikasi pengaduan khususnya dari pedagang pasar.

“Para pedagang juga harus  turut serta membantu pemerintah dalam pembangunan contohnya dengan membayar retribusi pasar,” kata Nunik.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nunik yang juga menyempatkan berbelanja sekaligus berdialog dengan para pedagang pasar.

Pasar Sekampung luasnya mencapai 27.000 meter pesegi. Sebanyak 40 kios di pasar tersebut selesai dibangun dengan dana yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2016.

Bupati Chusnunia Chalim (Nunik) foto bersama para pedagang di Pasar Sekampung.

Sebelumnya, Pasar Sekampung mengalami musibah kebakaran pada 2007. Sebanyak  345 toko/kios di pasar tersebut ludes terbakar. Para pedagang kemudian ditampung di tempat penampungan sementara.

Selanjutnya pada lahan bekas kebakaran tersebut telah dibangun secara bertahap.Pada  2008 dibangun 56 toko/kios dengan dana bersumber dari DAK.

Setahun kemudian dibangun lagi 48 kios dengan dana dari DAK  Kementrian Perdagangan. Pada 2012 kembali dibangun 32 toko/kios dari dana APBD Lamtim sebesar Rp 615.910.000.

Pada Tahun Anggaran 2013 ini dianggarkan kembali sebesar Rp 1.148.750.000, untuk membangun lebih kurang 64 toko/kios. Terakhir pada 2016 dibangun sebanyak 40 toko/kios.

Dengan diserahkannya 40 toko/kios kepada para pedagang, berarti saat ini Pasar Sekampung memiliki 240 toko/kios. Masih ada 105 toko/kios yang perlu dibangun.

Pada 2018 sejumlah toko/kios akan kembali dibangun di Pasar Sekampung dengan dana DAK sebesar  Rp1,4 miliar lebih.

  • Bagikan