Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Bupati Parosil Buka Sosialisasi Proda dan PTSL di Gedung Surian

Bupati Parosil Buka Sosialisasi Proda dan PTSL di Gedung Surian

78
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus membuka acara Sosialisasi Proyek Operasi Nasional Agraria dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Lampung Barat 2020 di  Pekon Gedung Surian, Kecamatan Gedung Surian, Kamis (24/10/2019).

“Metode PTSL merupakan inovasi pemerintahan Presiden Joko widodo melalui kementrian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan atas kepemilikan lahan dan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat dan hari ini diserahkan 100 sertifikat proda untuk masyarakat Pekon Gedung Surian,” kata Parosil.

Menurut Parosil, untuk mendukung program pemerintah pusat ini, Pemkab Lambar bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung barat, BRI,dan lembaga keuangan yang ada di Lambar.

“Kerjasama ini berupa sosialisasi dan inventarisasi kepada calon peserta melalui kelompok masyarakat sebagai penanggung jawab lapangan agar pelaksanaan program PTSL menjangkau kalangan masyarakat atau kelompok sasaran,” katanya.

Parosil mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk menjawab permasalahan yang selama ini menjadi kendala pelaksanaan PTSL,  yaitu masih rendahnya kesadaran masyarakat meningkatkan status hukum hak atas kepemilikan tanah yang dimiliki dalam bentuk sertifikat dan aset.

“Yang telah dimiliki kurang dapat diberdayakan sebagai jaminan dalam meningkatkan pengembangan usahanya,” kata dia.

Loading...