Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Bupati Parosil Fokus Kembangkan Petani Hebat di Lampung Barat

Bupati Parosil Fokus Kembangkan Petani Hebat di Lampung Barat

258
BERBAGI
Bupati Parosil Mabsus mengukuhkan pengurus KTNA Lampung Barat, Raby, 6 Maret 2019..
Bupati Parosil Mabsus mengukuhkan pengurus KTNA Lampung Barat, Raby, 6 Maret 2019..

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menegaskan Pemkab Lampung Barat akan fokus mengembangkan petani hebat.

“Saat ini pembangunan dilakukan di segala sektor terutama sector pertanian yang sangat mendukung program ketahanan pangan nasional. Untuk itu, kita fokus kembangkan petani yang hebat, terlebih adanya intensifikasi dan ekstensifikasi sektor pertanian menjadi salah satu fokus pemerintah daerah saat ini,” ujar Parosil saat  mengukuhkan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Lampung Barat, di di Balai Benih Induk Hortikultura Dataran Tinggi Kecamatan Sekincau,  Rabu, 6 Maret 2019.

Menurut Parosil, untuk mewujudkan petani hebat banyak sekali tantangan yang harus dihadapi.Antar lain keterbatasan sumber daya manusia yang andal, pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang, dan persaingan global.

“Maka dari itu, KTNA sebagai wadah dari petani dan nelayan andalan diharapkan mampu memberikan kontribusinya untuk mengatasi tantangan tersebut,” katanya.

Parosil berharap para petani KTNA diharapkan mampu dalam berperan aktif untuk mendorong para petani memberikan perhatian yang lebih besar kepada sektor pertanian disamping sektor lainnya.

“Anggota dan pengurus KTNA juga dapat berperan aktif dalam melakukan supervisi dan advokasi kepada petani agar mereka berperan aktif dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam meningkatkan kemandirian dan daya saing petani menghadapi pasar global,” katanya.

Selain itu, kata Parosil, KTNA juga perlu melakukan inovasi di bidang pertanian sesuai dengan kearifan lokal yang ada di masyarakat.

“Juga bekerja sama dengan semua sektor terkait untuk mengembangkan pertanian diantaranya pemda, pihak swasta, perbankan dan pihak terkait lainnya,” kata Parosil.

Loading...