Bupati Petahana Lampung Utara Dilarang Pakai Seluruh Fasilitas Negara

Ketua KPU Lampung Utara, Marthon
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara (KPU Lampura) menyatakan petahana Agung Ilmu Mangkunegara dilarang menggunakan seluruh fasilitas negara saat masa kampanye berlangsung.

‎”Saat masa kampanye (mulai dari tanggal 15 Februari hingga 24 Juni) pak Agung harus cuti di luar tanggungan negara dan dilarang menggunakan seluruh fasilitas negara,” kata Ketua KPU Lampura, Marthon, Kamis (11/1/2018).

‎Pelarangan penggunaan fasilitas negara yang didanai oleh anggaran daerah dan pusat ini diatur dalam sejumlah peraturan. Tujuannya yang tak lain untuk memberikan perlakuan yang setara kepada seluruh pasangan calon peserta Pemilihan Bupati (Pilbup) Lampura.

“Termasuk rumah dinas juga harus ditinggalkan oleh beliau saat kampanye. Setelah cuti, yang bersangkutan dapat kembali menggunakannya,” jelasnya.

Adapun tahapan Pilbup yang saat ini sedang dilakukan usai pendaftaran bakal pasangan calon, menurut Marthon, ialah pemeriksaan kesehatan. Hasilnya baru akan diumumkan pada tanggal 16 Januari setelah sebelumnya berkas administrasi dari tiga bakal pasangan calon diverifikasi.

Setelah itu, mereka akan mengumumkan siapa saja bakal pasangan calon yang dinyatakan memenuhi persyaratan pada tanggal tanggal 12 Februari ‎mendatang. Lalu, keesokan harinya, mereka akan melakukan pengundian nomor urut bakal pasangan calon.

“Pengundian nomor urut bakal pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 13 Februari,” kata dia.