Beranda Ruwa Jurai Mesuji Bupati Resmikan Pengelolaan PBB-P2 Kabupaten Mesuji

Bupati Resmikan Pengelolaan PBB-P2 Kabupaten Mesuji

195
BERBAGI
Bupati Mesuji Khamami menyerahkan Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD) Triwulan III untuk Kecamatan Tanjungraya dan Kecamatan Mesuji. (Dok/Ist)

Teraslampung.com–Bupati Mesuji, Khamami, meresmikan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten di halaman Kantor Kecamatan Tanjungraya, Senin (15/9).

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Mesuji tersebut juga mengundang perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP-Pratama) Kotabumi, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tulang Bawang, dan Kantor Cabang Pembantu Bank Lampung Unit II Tulang Bawang.

Dalam sambutannya, Khamami berharap dengan pengalihan pengelolaan PBB-P2 kepada pemerintah daerah dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mesuji yang saat ini masih belum optimal.

“Jumlah PAD Kabupaten Mesuji tahun 2014 sebesar Rp 18,6 Milyar, sangat jauh jika dibandingkan jumlah belanja sebesar Rp 616 Milyar. Saya berharap dengan pengelolaan PBB-P2 ini dapat menjadi sumber pendapatan andalan dalam meningkatkan jumlah PAD Kabupaten Mesuji ke depan,” ungkapnya.

Bupati juga berharap agar para camat, kepala desa, serta aparatur desa melakukan sosialisasi pajak PBB-P2 kepada masyarakat.

“Sebagai aparatur sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai pelayan masyarakat untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Uang pajak yang telah diterima dari masyarakat agar segera disetorkan kepada
pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispenda Mesuji, Hofzen Johan, SH, mengatakan bahwa pengelolaan PBB-P2 diserahkan kepada pemerintah daerah terhitung mulai tahun 2014.

“Sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) dijelaskan jenis-jenis pajak daerah yang dikelola oleh pemerintah daerah, termasuk PBB-P2,” kata dia.

Acara tersebut sekaligus juga sebagai momen penyerahan dana Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD) Triwulan III untuk Kecamatan Tanjungraya dan Kecamatan Mesuji.

“Penyerahan dana TPAPD untuk 21 desa di Kecamatan Tanjungraya sebesar Rp 685 Juta dan 6 desa di Kecamatan Mesuji sebesar Rp 207 Juta, sehingga total dana TPAPD yang diserahkan pada hari ini sebesar Rp 893 Juta,” jelas Sekretaris BPMPD Mesuji, Mudiono, S.Ag.