Bupati Rycko Serahkan Bantuan Operasional BPD

  • Bagikan

Hermansyah/Teraslampung.com

Kegiatan Bupati Rycko saat Safari Ramadhan

Kalianda—Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP menyerahkan bantuan operasional Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kemarin (7/7). Penyerahan dana operasional tersebut sekaligus silaturahmi dengan Ketua BPD se-Kabupaten Lampung Selatan di Aula Rajabasa.

Menurut Rycko BPD sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk masyarakat di desa, memiliki fungsi pengawasan yang ada di desa. Karena itu, dikatakannya, dia akan meningkatkan dana operasional bagi pengurus BPD demi memajukan desanya masing-masing.

“Sebagai legislatifnya desa yang mengawasi pemerintahan di desa sudah semestinya BPD diberikan insentif,” katanya.

Untuk itu, dia menambahkan, kedepan dana bantuan operasional BPD akan dinaikan setiap tahunnya.

Bupati Rycko menjelaskan, pemberian dana operasional tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah kepada pengurus BPD agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengontrol pemerintahan di desa.

Dalam kesempatan itu juga, Rycko berpesan kepada seluruh aparatur desa, khususnya Kepala Desa , agar tidak mempersulit pengurus BPD untuk mendapatkan dana operasional karena sudah menjadi hak para Ketua dan anggota BPD.

“Saya meminta semua satker terkait terutama bagian Otda untuk sama-sama mengawasi dan menegur Kepala Desa apabila ada yang menunda-nunda para anggota BPD yang akan mencairkan dana bantuan operasionalnya. Saya juga berharap dapat tercipta kerjasama yang baik antara aparatur desa dan pengurus BPD agar dapat bersama-sama membagun desanya menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara Kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Haryadi, SE menjelaskan, pemberian dana bantuan operasional tersebut selain sebagai ajang silaturahmi yang bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan 1435 Hijriah, juga untuk memberikan motivasi kepada para pengurus BPD agar lebih giat membangun desa lebih baik lagi.

Pada kesempatan ini, Pemkab Lampung Selatan mengucurkan dana kepada pengurus BPD di 256 desa. Masing-masing desa menerima bantuan sebesar Rp3 juta pertahun.

  • Bagikan