Beranda News Kabar Desa Bupati Waykanan Buka BBGRM dan HKG PKK di Kampung Kemu

Bupati Waykanan Buka BBGRM dan HKG PKK di Kampung Kemu

184
BERBAGI
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya melakukan peletakan batu pertama pembangunan pos keamanan lingkungan di Kampung Kemu, Kecamatan Banjit, Rabu (11/5).

WAYKANAN, Teraslampung.com — Bupati Waykanan Raden Adipati Surya membuka kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) PKK ke -44 di Kampung Kemu, Kecamatan Banjit, Rabu (11/5/2016).

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat lebih meningkatakan gotong royong dan dapat mendayagunakan peran masyarakat kampung sebagai mitra pemerintah,” kata Bupati Waykanan.

Menutut Raden Adipati Surya, gotong royong sudah menjadi ciri khas budaya bangsa Indonesoa sejak dahulu. Namun seiring berjalannya waktu budaya gotong royong sudah mulai hilang akibat masuknya budaya luar masyarakat.

“Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  ini diharapkan dapat kembali melestarikan budaya bangsa kita untuk mendukung program pemerintah kabupaten maupun pusat, karena masyarakat merupakan mitra dari pemerintah,” katanya.

Raden Adipati Surya mengatakan BBGRM bertujuan meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran serta masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan  kekeluargaan menuju pada penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.

“Budaya gotong royong harus dihidupkan kembali, jadi mulai saat ini dan hari ini ayo kita bersama-sama hidupkan gotong royong dari kampung kemu kecamatan banjit kabupaten waykanan tersebut,” kata dia.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Waykanan itu menjelaskan, tanpa ada dukungan dari masyarakat serta peran aktif aparat kampung dalam meningkatkan kinerja lembaga pemberdayaan masyarakat sebagai mitra pemerintah desa dalam mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan desa. Sehingga masyarakat tersebut  benar-benar merasakan bahwa

“Pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Terkait HKG PKK, Bupati Waykanan mengatakan gerakan PKK merupakan Wadah aktifitas sosial kemasyarakatan bagi Keluarga dalam meningkatkan pembangunan sekaligus memadukan gerak langkah yang senantiasa bersinergi dengan jajaran perangkat daerah Kabupaten Way Kanan.

“Kita jangan menutup mata bahwa peran PKK yang kelihatan sepele tersebut ternyata manfaatnya luar biasa, serta  membutuhkan kerja keras, kekompakan dan keberanian untuk mencapai semua itu,” kata dia

Bupati mengatakan Pemkab Waykanan juga memberikan apresiasi kepada para kader yang selama ini berperan sebagai ujung tombak pemberdayaan masyarakat, dengan sasaran keluarga, khususnya keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera dalam mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyaraka.

“Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 44  ini dapat memberikan motifasi segenap Tim Kesrak PKK untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian dalam membangun keluarga dan masyarakat untuk menuju Way Kanan Maju dan Berdaya saing,” tegasnya

Pada kesempatan tersebut Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP  PKK,  Wakil Ketua TP  PKK, Ketua DPRD menyerahkan bantuan cangkul, garpu, sepatu bot, sekop, Bibit, alat robana, dan peletakan batu pertama dalam pembangunan pos keamanan linglungan di Kampung Kemu.