Beranda News Kesehatan Bupati Waykanan Canangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan

Bupati Waykanan Canangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan

448
BERBAGI
Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam pencanangan daerahnya menjadi kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dan peringatan Hari Kesehatan Nasional.

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mencanangkan daerahnya menjadi kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, di Lapangan Korpri Kompleks Pemda Kabupaten Way Kanan, Blambangan Umpu, Selasa, 10 Desember 2019.

Bupati Raden Adipati mengatakan berkat komitmen dan sinergi seluruh masyarakat dan pemerintah untuk menerapkan perilaku stop buang air besar sembarangan (BABS), Kabupaten Waykanan mendapatkan penghargaan STBM award.

“Waykanan juga mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten sehat terbaik tingkat nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pencapaian ini berkat sinergi kita semua dan upaya besar dari Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kadis keren Pak Anang Rusgiyanto, dan sebagai bentuk komitmen saya dan jajaran OPD serta seluruh masyarakat di kabupaten Way Kanan kami menyatakan akan menjadikan Way Kanan sebagai kabupaten lima pilar STBM untuk menuju masyarakat sehat Indonesia unggul,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdid Pengendalian Limbah dan Radiasi Kementrian Kesehatan Jelsy Natalia Marampa mengatakan Kabupaten Way Kanan menjadi kabupaten terbaik dalam percepatan akselerasi STBM dan kabupaten sehat.

“Bapak Bupati sekarang menjadi salah satu juara di nasional untuk kabupaten sehat, kita sangat optimis upaya yang dilakukan masyarakat Way Kanan akan membawa kepada kualitas kesehatan yang lebih baik, dan bisa mencetak generasi unggul yang berdaya saing,” kata Natalia yang hadir mewakili Kemenkes.

Pada bagian lain, Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Febrilia Ekawati mengapresiasi upaya dan pencapaian serta komitmen pemerintah kabupaten Way Kanan untuk melanjutkan pilar-pilar STBM lainnya.

“Apresiasi kepada seluruh masyarakat Way Kanan dan Bupati Raden Adipati Surya, yang telah dideklarasikan sebagai kabupaten ODF dan mencanangkan sebagai kabupaten STBM berkelanjutan dengan mengimplementasikan pilar-pilar STBM lainnya, semoga bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan inovasi gerakan serta komitmen dari pemerintah Way Kanan bisa menjadi pemicu untuk kabupaten kota lainnya di provinsi Lampung,” ujar Febrilia.

Pencanangan kabupaten STBM berkelanjutan di Way Kanan itu ditandai dengan pembacaan ikrar bersama oleh seluruh kepala kampung, camat dan jajaran OPD yang dipimpin langsung Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya.

Dalam ikrar yang dibacakan bersama, pemerintah Way Kanan menyatakan akan mempertahankan prilaku stop buang air besar sembarangan (babs) dan meningkatkan serta menjalankan pilar cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air dan makanan rumahan tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dalam keseharian masyarakat Way Kanan.

Dandy Ibrahim