Beranda Ruwa Jurai Lampung Timur Bupati Zaiful Bokhari Bagikan Ribuan KIS untuk Warga Dua Kecamatan

Bupati Zaiful Bokhari Bagikan Ribuan KIS untuk Warga Dua Kecamatan

1396
BERBAGI
Bupati Zaiful Bokhari menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada ribuan penerima program KIS dari Kecamatan Bumi Agung dan Sukadana, di Aula Kecamatan Bumi Agung, Lampung Timur, Selasa, (24/9/2019).

Perinciannya: 573 orang penerima KIS dari Kecamatan Bumi Agung dan 2.582 Kecamatan Sukadana.

“Manfaatkan bantuan KIS ini sebaik mungkin karena menurutnya yang mendapatkan adalah semua yang terpilih. Untuk Sukadana yang mendapat KIS 2582 dari total 50 ribu lebih penduduk Sukadana. Untuk Bumi Agung sebanyak 573 dari penduduk sekitar 26 ribu. Untuk itu saya harap dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Zaiful Bokhari.

Bagi warga Lamtim yang tidak mendapatkan KIS, kata Zaiful, Pemkab Lamtim tetap memberikan program bantuan kesehatan.

“Itu sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk megurus kesehatan hampir 1,3 juta penduduk Lamtim. Bagi warga yang tidak masuk BPJS, atau KIS. Pemerintah Lamtim memberikan jaminan kesehatan untuk berobat gratis di Puskesmas atau RSUD Sukadana secara gratis. Ini bentuk kepedulian dan tanggung jawab kita kepada balak ibu sekalian,” kata dia.

Menurutnya. Pemerintah Lamtim juga telah menyiapkan mobil ambulans. Yang dipergunakan bagi warga masyarakat yang membutuhkan secara gratis.

“Kita siapkan secara gratis. Sampaikan laporkan ke saya, bila ada yang bilang tidak gratis. Jadi biar masyarakatnya juga jelas,” tandasnya.

Suwarti, warga Donomulyo yang mendapat KIS mengaku senang. “Anaknya saya yang dapat. Ya senang, kalo misalkan berobat gratis. Sukur-sukur jangan sakit. Dulu pernah sakit selama 17 bulan, dengan ini alhamdullilah bisa gratis,” tandasnya.

Hal senada dikatakan warga Marga Mulya, Sumarsih. Dia mengaku senang karena bisa berobat dimana saja secara gratis.

Zaiful menambahkan. Bantuan dari bapak presiden. Jokowi Dodo ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Bapak presiden. Memberi program KIS kepada bapak ibu sekalian, yang mana hari ini dibagikan. Dan hari ini juga saya minta kepada bapak ibu, membawa Kartu Indonesia Sehat ini. Kegunaanya, bisa untuk berobat dimanapun. Termasuk di Bumi Agung, di Sukadana, di Metro, di Bandar Lampung bahkan sampai di Jakarta,” imbuh Zaiful.

“Artinya bapak ibu yang menerima Kartu Indonesia sehat bangga dan berterimakasih kepada bapak Joko Widodo,” katanya.

Sebelumnya, dalam rangka hadiri Gebyar Suro 2019 di Lapangan Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Sabtu(21/09/2019), Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan bahwa pemerintah saat ini akan memberikan jaminan pelayanan kesehatan dan ambulan gratis bagi masyarakat yang tidak memiliki BBJS atau KIS.

Menurutnya, asalkan warga Lampung Timur akan diberikan kesempatan untuk berobat secara gratis di semua Puskesmas dan RSUD Sukadana.

“Ini salah satu bentuk jaminan pemerintah untuk warga yang membutuhkan dan kurang mampu di wilayah batanghari,” imbuhnya.

Pemerintah juga akan menyiapkan mobil ambulan gratis yang ditempatkan di 24 kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur, untuk masyarakat yang membutuhkan penanganan medis dengan cepat.

Program di tahun 2020 akan adanya tempat berobat di setiap desa dengan pembangunan Puskesdes, di semua desa se – Lampung Timur agar pelayanan kesehatan bisa dilakukan maksimal.