Buruknya Konstruksi Diduga Penyebab Ambruknya Atap Bangunan TK di Sungkaijaya Lampura

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Sungkaijaya-Penyebab ambruknya atap salah satu bangunan TK Pembina di Desa Cempaka, Sungkaijaya, Lampung Utara diperkirakan akibat konstruksi bangunan yang tidak sesuai standar. Ambruknya atap itu sendiri terjadi pada Kamis (10/11/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Informasi yang saya terima, ambruknya atap bangunan ‎itu karena konstruksi bangunan yang kurang baik,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh, Jumat (11/11/2022).

Dugaan itu didasari oleh patahnya coran gantung yang menghubungkan kedua dinding bangunan tersebut. ‎Atap yang ambruk tersebut itu juga menyebabkan bangunan di sampingnya turut mengalami kerusakan. Plafon ruangan kelas dan atap bangunan di sebelahnya mengalami kerusakan.

“Sementara ini, bangunan di sebelah yang merupakan ruang kelas ditutup sementara menggunakan terpal agar air hujan tidak masuk ke dalamnya,” jelasnya.

Matsoleh menuturkan, bangunan yang atapnya ambruk tersebut memang telah lama tidak digunakan. Sebab, kondisinya cukup mengkhawatirkan. Dulunya, bangunan itu berfungsi sebagai ruang guru. Perbaikan bangunan diperkirakan akan dilakukan di tahun 2023 mendatang.

“Sekarang ‎sedang dilihat tingkat kerusakan berikut‎ berapa anggaran yang dibutuhkan untuk memperbaikinya,” kata dia.

Sebelumnya, atap bangunan TK Pembina Negeri di Desa Cempaka, Sungkaijaya, Lampung Utara mendadak ambruk, Kamis (10/11/2022) sekitar pukul 09.00 WIB. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Alhamdulillah, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” Kata Camat Sungkaijaya, Desputra Adami.

Tak adanya korban jiwa dalam peristiwa ini dikarenakan anak – anak masih berada di lapangan. Mereka baru saja selesai mengikuti upacara hari pahlawan di halaman TK mereka. Kalau saja tidak seperti itu, mungkin ceritanya akan berbeda.