Beranda Teras Berita Bus Pembawa Mahasiswa KKN Unila Terguling, Puluhan Mahasiswa Luka Parah

Bus Pembawa Mahasiswa KKN Unila Terguling, Puluhan Mahasiswa Luka Parah

640
BERBAGI
Mahasiswa Unila korban bus terguling di Tanjakan Sedayu, Tanggamus. Minggu dini hari (26/7/2015) dirawat di RSU Abdoel Moeloek. (Foto: dok BEM Unila)

TANGGAMUS, TERASLAMPUNG.COM–Bus yang membawa puluhan mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung  yang hendak menuju Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesisir Barat, terguling di Sedayu, Kabupaten Tanggamus, Minggu dini hari (26/7/2015). Bus KKN tersebut memuat  sekitar 30 orang, 10 orang mengalami luka berat, dan sebagian lagi luka ringan.

Korban kecelakaan, Laudia, mahasiswa jurusan .Bahasa Indonesia FKIP Unila angkata 2012,  saat ditemui di RS Abdul Muluk (26/7) mengatakan sebelum bus mengalami kecelakaan ada suara “cetak”. Itu terjadi saat bus melaju cepat di turunan sebelum bus terguling.

Sementara korban lainnya, Laini (PKn/12) menjelaskan bahwa bus sebelum kecelakaan kesulitan menanjak, lalu melaju sangat cepat saat diturunan kemudian bus terguling. “Bus terguling, dua kali ban di atas, untung ada pohon yang nahan” ungkap Laini. Sementara ocha (P.Seni Tari/12) mengungkapkan “aku tidur, tau tau busnya kaya’ melayang diturunan terus aku sadar udah ada luka”.

Korban yang mengalami luka berat telah ditangani di RSUD Abdul Moelok. Sisi, mahasiswa peserta KKN yang turut mengantar korban ke rumah sakit menjelaskan korban sudah ditangani dengan baik, yang luka ringan sudah ditangani oleh beberapa dokter dan bidan di Ngambur. Sementara yang mengalami luka berat di rujuk ke RSUDAM.

Sejauh ini pihak Unila masih menangani korban dan terus akan menjalankan KKN sesuai jadwal.

Saat ditemui di RSUDAM (26/7), Ketua KKN Unila, Yourni Atmaja, mengatakan bahwa KKN akan dijalankan sesuai dengan rencana, sementara mahasiswa yang mengalami kecelakaan dan cidera, akan diberikan pengecualian dan izin sampai benar-benar sembuh dan dapat melaksanakan KKN.

Terkait dengan biaya pengobatan para korban, pihak unila menjamin akan bertanggungjawab sepenuhnya, termasuk asuransi.

“Unila bertanggung jawab penuh, termasuk masalah asuransi, semua mahasiswa KKN unila ada asuransinya,” katanya.

Sumber: Kominfo BEM Unila

Loading...