Beranda Teras Berita Bustami Yakin HKm Bisa Sejahterakan Petani

Bustami Yakin HKm Bisa Sejahterakan Petani

52
BERBAGI
Bustami Zaenudin memberikat surat izin usaha pengelolaan lahan bagi petani (dok Pemkab Way Kanan)
Siti Qodratin Aulia dan Syailendra Arif/Teraslampung.com



Blambangan Umpu–Bupati Way Kanan Bustami Zaenudin yakin bahwa program Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir di wilayahnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. 

“Pemerintah baru saja menyerahkan izin areal kerja HKm seluas 4.352 hektare kepada penerima manfaat di Way Kanan. Ditambah dengan luas HKm yang sudah diserahkan lebih dulu, jumlah areal HKm yang telah diserahkan untuk mewujudkan kesejahteran
masyarakat Way Kanan saat ini seluas 17.000 hektare. Itu sudah bisa jadi modal untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Bustami, Kamis (6/3).
 
 
Menurut Bustami jika satu hingga dua hektare lahan diberikan kepada satu kepala keluarga (KK) dan masing-masing KK memiliki 3 anggota keluarga, maka sudah ada sekitar 45.000 jiwa meningkatkan kesejahteraan melalui HKm.   
Bustami
mengingatkan, lahan yang diterima masyarakat tidak harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar tujuan prograam HKm benar-benar terwujud. Selain agar lahan kritis menjadi lestari kembali, program HKm diharapkan juga bisa mendongkrak kesejahteraan para petanu di Way Kanan.
“Mari
kita jaga alam dan jaga hutan agar tercapai kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.