Buya Syafii Maarif Wafat

Buya Syafii Maarif. Foto: Wikipedia
Buya Syafii Maarif. Foto: Wikipedia
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau  Buya Syafii Maarif  meninggal dunia, Jumat, 27 Mei 2022, pukul 10.15 WIB. Kabar duka  tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir lewat akun twitternya dan kemudian tersebar di banyak grup WhatsApp.

“Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” tulis  Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir,  Jumat 27 Mei 2022.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul. Haedar Nashir, PP Muhammadiyah,” kata Haedar.

Semasa hidupnya, Buya Syafi’i dikenal sebagai intelektual muslim dan aktif di berbagai kegiatan sosial. Buya Syafi’e merupakan pendiri Maarif Institute dan pernah dipercaya sebataib  Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP).  Sepak terjangnya pernah mendapatkan penghargaan internasional beruga Penghargaan Ramon Magsaysay.

Dikutip dari wikipedia, Ramon Magsaysay Award atau Hadiah Ramon Magsaysay adalah suatu hadiah penghargaan yang dibentuk pada bulan April 1957 oleh para wali amanat Rockefeller Brothers Fund (RBF) yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat. Dengan persetujuan dari pemerintah Filipina, hadiah ini diciptakan untuk mengenang Ramon Magsaysay, almarhum Presiden Filipina; dan untuk menyebarluaskan keteladanan integritasnya dalam menjalankan pemerintahan, kegigihannya dalam memberikan pelayanan umum, serta idealisme pragmatisnya dalam suatu lingkungan masyarakat yang demokratis.

Setiap tahun Ramon Magsaysay Award Foundation memberikan hadiah bagi perorangan dan organisasi Asia atas pencapaian unggul mereka di bidangnya masing-masing.