Cak Imam Menpora Pilihan Jokowi

  • Bagikan
Imam Nahwari, Menpora Kabinet Kerja 2014-2019.

“Menteri Pemuda dan Olah Raga, Bapak Imam Nahrawi. Masih muda benar, politisi profesional, aktivitis sosial, mempunyai jejaring kuat. Saya sudah minta untuk mengawal peningkatan prestasi olah raga Indonesia. Juga untuk mempersiapkan Asian Games 2018.”

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di halaman Istana Negara, Minggu (26/10), saat memperkenalkan Imam Nahrawi kepada publik.

Imam ditunjuk Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan Menteri Pemuda dan Olah Raga dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Bagi kalangan pelaku olah raga di Tanah Air, nama Imam Nahrawi mungkin masih terdengar asing. Namun, kiprah Imam di dunia politik khususnya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah lama terdengar.

Imam, lahir di Bangkalan, 8 Juli 1973, banyak menekuni organisasi termasuk menjadi Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim 1997 dan Ketua Umum DKN Garda Bangsa pada 2002. Dalam organisasi itulah Imam merasa banyak ditempa sebagai seorang aktivitis dan juga politisi.

Sebelum ditunjuk menjadi Menpora Kabinet Kerja 2014-2019, Imam adalah Sekjen DPP PKB. Imam juga tercatat sebagai anggota Komisi V DPR RI (Perhubungan, PU, perumahan rakyat, pembangunan desa, dan iklim).

Dalam menjalankan tugasnya selama ini, suami Shobibah Rahmah itu memiliki filosofi ngglundung semprong. Menpora berusia 41 tahun itu tidak ingin serakah dalam menjalankan jabatan melainkan konsisten dan istiqomah.

Di sisi lain, Imam membuktikan bukan orang yang sama sekali asing dengan dunia olah raga nasional karena lulusan IAIN Sunan Ampel itu tidak ketinggalan mengikuti sepak terjang timnas U-19.

Menurutnya, mendukung tim nasional dalam cabang olah raga apapun merupakan bagian dari cinta negara dan cinta NKRI.

Nama Imam sudah mulai masuk dalam daftar bursa calon menteri Kabinet Jokowi-JK sejak medio September. Dalam beberapa kesempatan pria yang biasa disapa Cak Imam itu tidak menyangka bila suatu ketika bakal menjabat sebagai menteri.

Di situs personalnya, Imam mengusung tajuk “Bekerja untuk senyuman rakyat”. Jadi, selamat bertugas Menpora baru!

Data Diri Menpora Imam Nahrawi
Lahir: Bangkalan, 8 Juli 1973
Status: Menikah
Istri: Shobibah Rahmah
Pekerjaan: Direktur Intervensi Surabaya, Direktur CV. Alhidayah Surabaya
Pengalaman Organisasi dan Aktivitas Politik: Ketum PMII Jatim 1991, Ketum DKN Garda Bangsa 2002-…
Gelar: S.Ag
Pendidikan: Institut Agama Islamm Negeri (IAIN) Sunan Ampel 1998, MAN Bangkalan 1991
Situs: nahrawicenter.com
Twitter: @imam_nahrawi

Penulis: Aning Jati
Sumber: Bolanews

  • Bagikan