Beranda News Pemilu 2019 Caleg DPR RI Dapil Lampung I Berpotensi Meraih Kursi Menurut Quick Count...

Caleg DPR RI Dapil Lampung I Berpotensi Meraih Kursi Menurut Quick Count Rakata

7358
BERBAGI
Elektabilitas caleg DPR RI Dapil Lampung I

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga survei Rakata Institute merilis hasil hitung cepat atau quick count perolehan suara Pemilu 2019 caleg DPR RI Dapil Lampung I pada Rabu-Kamis (17-18 Maret 2019). Dapil Lampung I meliputi Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.  Perhitungan cepat tersebut berdasarkan data C1 di 746 TPS yang dijadikan sampel.

BACA: Caleg DPR RI Dapil Lampung II yang Berpeluang Meraih Kursi Menurut Quick Count Rakata Institute

Hingga Jumat siang (19 April 2019), data C1 Caleg DPR RI Dapil I Lampung ke pusat data Rakata Institute sebesar 95,82 persen.

Hasilnya adalah seperti tabel di bawah ini:

 

Dengan pembagian kursi melalui metode Sainte Lague, maka meskipun satu partai ada tiga atau empat caleg yang mendapatkan perolehan suara besar, belum tentu semua caleg itu akan mendapatkan kursi. Sebaliknya, partai yang calegnya perolehan suaranya lebih sedikit dibanding partai lain yang suaranya lebih banyak, ia bisa saja mendapatkan kursi.

Hal itu karena metode ini membagi kursi tidak berdasarkan jumlah suara dibagi dengan bilangan pembagi pemilih seperti pada pemilu 2014 lalu.

Dengan sistem pembagian Sainte Lague, maka jika mengacu pada hasil quick count Rakata, akan ada partai yang mendapatkan dua kursi (yaitu PDIP) dan partai yang mendapatkan satu kursi. Menariknya, akan ada caleg dengan jumlah suara kecil tetapi bisa mendapatkan kursi.

Ada 10 kursi yang diperebutkan di Dapil Lampung I. Partai yang berpeluang mendapatkan kursi DPR RI di Dapil Lampung I adalah:

 

Siapa yang berpeluang mendapatkan kursi DPR RI di dapil neraka ini? Mereka adalah caleg dari partai yang suaranya banyak atau memenuhi syarat perhitungan dengan metode Sainte Lague. Kemungkinan besar, menurut quick count Rakata Institute, mereka adalah seperti yang tampak pada tabel berikut:

 

Sekali lagi, ini barulah perkiraan atau prediksi berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Rakata Institute. Hasil pasti perolehan suara partai dan masing-masing caleg masih harus menunggu penghitungan yang dilakukan KPU.

Oyos Saroso H.N.

Catatan: data diupdate pada Jumat, 19 April 2019 pukul 14.14 WIB

Loading...